Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Ada 5 MoU dan 24 LOI dengan Jepang Terkait Pembangunan IKN

Nota kesepahaman antara Indonesia dan Jepang terkait investasi di IKN ( Foro dok antaranews.com/HO Otorita IKN)

Penyerahan dokumen MoU LoI kepada OIKN disaksikan Presiden Indonesia Joko Widodo.

halojapin.com. Ada lima nota kesepahaman atau memorandum of understanding dan 24 Letter of Intent.(LoI) terkait pembangunan IKN dengan Jepang. Penandatanganan Kesepahaman tersebut menjadi awal dari kerja sama Indonesia-Jepang dalam proyek pembangunan IKN. Penyerahan dokumen MoU LoI kepada OIKN disaksikan Presiden Indonesia Joko Widodo.


Kepala Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Bambang Susantono menyebut IKN memiliki peluang invetasi terbaik. Ia berharap delegasi Jepang dapat kembali datang ke IKN bereksplorasi lebih tentang peluang kerja sama dan investasi. “Nusantara memiliki peluang investasi terbaik yang ada di Indonesia saat ini. Hal tersebut tercermin dari berbagai insentif yang dari pemerintah untuk para investor,” ujar

Dalam keterangannya di Jakarta, Senin, Bambang menambahkan proyek pembangunan IKN tidak hanya bermanfaat bagi Indonesia. Namun proyek tersebut juga memberikan manfaat bagi semua mitra global.
Menurut Bambang IKN adalah “laboratorium hidup”. Hal inilah yang memungkinkan para mitra untuk bereksperimen dengan ide-ide dan inovasi baru.

“Kami menyambut baik berbagai jenis teknologi baru untuk diterapkan di kota kami. Dengan demikian para mitra kami memiliki kesempatan untuk menjadikan Nusantara sebagai tempat bereksperimen dalam menyalurkan ide dan inovasi,” ujarnya.

Selain itu, IKN bertujuan untuk berperan aktif dalam tiga upaya global dalam mengatasi perubahan iklim, meremajakan keanekaragaman hayati, dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Siap Berinvestasi

Sementara itu Executive Senior Vice President JICA Yamada Junichi mengatakan bahwa pihaknya memberi dukungan investasi di Indonesia terutama di IKN. “Investor-investor yg bernaung di bawah JICA siap mendukung investasi di Indonesia khususnya di IKN dalam bidang infrastruktur seperti revitalisasi Bandara Balikpapan dan juga sektor energi khususnya Power Supply Facilities,” ujar Yamada Junichi.

Sedangkan Chairman of the Board JBIC Tadashi Maeda menyampaikan komitmennya mendukung pembangunan IKN khususnya untuk mewujudkan IKN sebagai carbon neutral city dengan memfokuskan investasi di bidang energi baru terbarukan seperti hydropower.

Terlaksananya agenda ini merupakan satu rangkaian kegiatan dengan agenda – agenda sebelumnya. Berawal dari market sounding di Jepang pada 27 Februari 2023 lalu. Kemudian berlanjut pada tanggal 1 April 2023, ketika delegasi Jepang yang dipimpin oleh Dr. Hiroto Izumi mengunjungi lokasi pembangunan IKN.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *