Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Booming Sastra Jepang pada Kalangan Muda Inggris

Salah novel Jepang yang diterjemahkan dalam bahsa Inggris ( Foto dok. IG @pushkin_press)

Tingginya minat itu salah satunya adalah tingginya promosi dari mulut-ke mulut di media sosial seperti TikTok

HALOJAPIN.COM. Booming sastra Jepang sedang melanda Inggris. Hal tersebut dapat terlihat dari lonjakan popularitas novel Jepang pada kalangan mudanya. Tingginya minat itu salah satunya adalah tingginya promosi dari mulut-ke mulut di media sosial seperti TikTok

Salah satunya adalah promosi melalui media Tik Tok. Adalah komunitas BookTok yang merekomendasikan beberapa buku dan kemudian menjadikan kalangan muda Inggris mencari lebih tahu beberapa karya sastra yang telah diterjemahkan. Salah satu yang menonjol adalah karya sastra Jepang. “Buku-buku yang menjadi populer di TikTok adalah orang-orang yang benar-benar tertarik dengan buku tersebut, bukan penerbitnya,” kata Adam Freudenheim, dari penerbitan Pushkin Press.

Pada platform TikTok, para TikTokers memperkenalkan buku-buku karya penulis besar Jepang seperti Banana Yoshimoto, Mieko Kawakami, dan lainnya. Video pendek iringan musik para TikTokers itu menilai karya-karya tersebut. Bahkan tidak segan memberikan lima bintang untuk buku-buku yang sangat mereka sukai.

“Dalam cerita ini (Mieko) Kawakami mengeksplorasi ketidakberdayaan dan ketidakpedulian masa muda dengan intensitas seperti itu,” ujar salah satu TikToker yang memberi tanggapan atas novel “Heaven”. Ada juga pengguna lain memposting sampul karya Toshikazu Kawaguchi, Emi Yagi, dan penulis lain sebagai rekomendasi literatur Jepang.

Melansir dari laman mainichi.jp sejumlah besar video pendek tersebut jumlah penontonnya 100.000 kali. Para Tiktokers itu menggunakan tagar “#Japanesebooks” atau subkategori lainnya. Sementara platform lainnya seperti YouTube juga banyak video panjang yang menjelaskan isi novel secara detail.

Menurut surat kabar Inggris The Guardian melaporkan karya novelis Jepang menyumbang seperempat, penjualan novel terjemahan. Media tersebut mengungkapkan secara umum tidaknya ada 2 juta novel terjemahan yang terjual di Inggris.

Diantara novel-novel Jepang yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris oleh Pushkin, novel pendek karya orang-orang sezaman Murata seperti “Ms Ice Sandwich” (2020) karya Kawakami (Mieko) Kawakami sangat laris manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *