Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Fugaku Superkomputer Tercepat ke 2 di Dunia

Superkomputer Fugaku (Foto dok. pxfuel.com)

Prestasi superkomputer Fugaku ini adalah untuk ketigakalinya secara berturut-turut

halojapin.com. Superkomputer Fugaku kembali menempati dua teratas rangking kecepatan komputer dunia. Komputer yang dikembangkan Riken dan Fujitsu Ltd. menempati peringkat kedua dalam peringkat kecepatan komputer Top500 dunia.


Peringkat ini adalah untuk ketiga kalinya secara berturut-turut sejak Mei 2022. Kecepatan Fugaku hanya kalah dari komputer asal Amerika bernama Frontier System. Kecepatan perhitungan Frontier adalah 1.194 petaflops per detik, sedangkan Fugaku adalah 442 petaflops.Tercatat komputer cepat Jepang ini pernah mempertahankan posisi teratasnya untuk peringkat tujuh berturut-turut dalam High-Performance Conjugate Gradient.

Superkomputer Fugaku adalah komputer hasil kolaborasi Riken dan Fujitsu. Riken adalah lembaga penelitian pemerintah Jepang. Nama Fugaku adalah nama lain untuk Gunung Fuji. Banyak yang berharap teknologi terdepan yang yang ada pada Fugaku akan “berkontribusi pada kemajuan dan tantangan sosial. Superkomputer Jepang pernah menhadi bagian penting dalam penelitian Covid-19, termasuk pada diagnostik, terapi, dan simulasi penyebaran virus.

Laman Wikipedia menyebutkan pengembangan Fugaku mulai pada tahun 2014. Proyeksi pembuatan komputer cepat ini adalah menjadi penerus K computer.Fugaku memulai debutnya pada tahun 2020, dan langsung menjadi superkomputer tercepat di dunia dalam daftar TOP500 Juni 2020. Selain itu tercatat sebagai komputer berbasis Arsitektur ARM pertama yang mencapai prestasi tersebut

dalam superkomputer ada mikroprosesor Fujitsu A64FX. Adapun CPU ini berdasar pada arsitektur prosesor ARM versi 8.2A. Selain itu juga mengadopsi Ekstensi Vektor yang Dapat Diskalakan (Scalable Vector Extension) untuk superkomputer. Konfigurasi awalnya Fugaku adalah gabungan daru 158.976 CPU A64FX yang menggunakan interkoneksi torus fusion milik Fujitsu. Namun mengalami Fugaku mengalami peningkatan pada November 2020, dengan menambah jumlah prosesor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *