Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Gempa Kuat Melanda Hokkaido

HALO JAPIN. Hokkaido dilanda gempa kuat sebanyak dua kali. Menurut Badan Meteorologi Jepang, gempa dengan intensitas seismik di atas 5 teramati di Kota Nakagawa.


Kota ini juga dilanda gempa pertama, yang terjadi sekitar pukul 12:35 dengan perkiraan berkekuatan 5,2 dan peringkat 5 lebih rendah pada skala intensitas. Pusat gempa berada di kedalaman sekitar 4 kilometer, kata badan tersebut, merevisi dari perkiraan sebelumnya 10 km.

“Yang pertama adalah getaran pendek yang berlangsung sekitar 10 detik, tapi saya merasa yang kedua sedikit lebih lama, sekitar 30 detik,” kata seorang pejabat kantor kota Nakagawa seperti dilansir laman japantoday.com.

Namun dalam peristiwa ini tidak ada peringatan bahaya tsunami. Dikutip dari laman tribunnews.com, gempa bumi dengan kekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang bagian utara wilayah Soya di Hokkaido, Jepang, Kamis (11/8/2022) dini hari sekitar pukul 00.53 waktu setempat.

Sementara itu di Nakagawa-cho, gempa bumi dengan intensitas seismik lebih rendah dari 5 terjadi sebelum gempa 5,4 SR. Sedangkan gempa dengan intensitas gempa di atas 5 terpantau di Kota Nakagawa, Hokkaido. Gempa dengan intensitas 4 terpantau di Kota Enbetsu, Kota Toyotomi, Kota Horonobe, dan Desa Sarufutsu, dengan intensitas gempa 3 banding 1 diamati di berbagai bagian utara Hokkaido. Pusat gempa keduanya berada pada kedalaman sekitar 10 kilometer, kata badan tersebut.


Disebutkan bahwa gempa besar pernah terjadi di Hokkaido pada 25 September 2003. Gempa berkekuatan 8,3 pada skala richter menyebabkan kerusakan luar biasa. Gempa ini menghancurkan jalanan di seluruh Hokkaido. Gempa ini juga menimbulkan tsunami setinggi 4 meter. Gempa ini dirasakan di seluruh Jepang, membentang sepenuhnya ke Honshu dan Tokyo. ****

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *