Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jepang Wajibkan Tes TBC untuk Wisatawan Indonesia

Tidak hanya Indonesia saja yang wajib tes TBC tetapi juga negara Filipina, Vietnam, Tiongkok, Nepal dan Myanmar.

halojapin.com. Mulai tahun 2024 semua wisatawan asal Indonesia wajib untuk melakukan tes tuberkulosis (TBC) kalau ingin berkunjung ek Jepang. Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Kesehatan Jepang Keizo Takemi baru- baru ini setelah naiknya penderita penyakit di negaranya . Tidak hanya Indonesia saja yang wajib tes TBC tetapi juga negara Filipina, Vietnam, Tiongkok, Nepal dan Myanmar.

Menurut Takemi banyak pasien TBC baru di Jepang berasal dari negara-negara tersebut. Masyarakat dari enam negara tersebut akan diminta melakukan tes TBC di institusi medis yang ditunjuk pemerintah Jepang sebelum mereka melakukan perjalanan ke Jepang. Jika hasil tes mereka positif, Jepang tidak akan mengeluarkan visa kepada mereka. “Kami sedang melakukan persiapan implementasi secepatnya. Kami berharap dapat memulainya pada tahun fiskal berikutnya,” kata Takemi.

Awalnya rencana ini akan berlaku pada tahun 2018 mengingat meningkatnya pasien TBC dari luar negeri . Namun rencana tersebut tertunda. Pada 2021 lalu, jumlah kasus TBC di Jepang telah turun di bawah 10 per 100 ribu penduduk dan menjadikan Jepang sebagai negara “endemis rendah” untuk TBC menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, Kementerian Kesehatan Jepang mencatat sebanyak 10.235 pasien TBC baru terdaftar di negaranya selama 2022. Sebanyak 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri, dan rasionya terus meningkat. Menurut kementerian kesehatan, 10,235 pasien TBC baru terdaftar di Jepang pada tahun 2022.

Namun sejak tahun 2021, jumlah kasus TBC telah turun di bawah 10 per 100.000 penduduk, menjadikan Jepang sebagai negara “endemis rendah” untuk TBC menurut klasifikasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Namun, 11,9 persen pasien TBC baru berasal dari luar negeri, dan rasionya terus meningkat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *