Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Remaja Indonesia Raih Medali Olimpiade Matematika di Jepang

Remaja Indonesia berhasil meraih medali di Olimpiade Matematika Jepang ( foto dok anatarnews/KBRI Tokyo)

Acara olimpiade matematika ini berlangsung di Chiba pada 2-13 Juli 2023 tim Indonesia mendapatkan 1 Perak dan 2 perunggu.

halojapin.com. Tim Indonesia berhasil meraih medali dalam Olimpiade Matematika Internasional (the 64th International Mathematical Olympiad/IMO) Jepang. Acara yang berlangsung di Chiba pada 2-13 Juli 2023 tim Indonesia mendapatkan 1 Perak dan 2 perunggu.


Adalah Rafael Kristoforus Yanto dari SMAK Penabur Gading Serpong Tangerang yang berhasil meraih perak. Sementara Rizky Rajendra Anantadewa dari SMAN 5 Surabaya mendapatkan perunggu. Hal tersebut sama dengan raihan Evelyn Lianto dari SMA Mawar Sharon Christian School dan Evan Nathanaeldari SMAK Yos Sudarso Batam

Sementara dua peserta lainnya, yaitu Joshua Marvel Solomon dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Axel Giovanni Hartanto dari SMA Kharisma Bangsa Tangerang mampu mendapatkan predikat honourable mention. “Dalam 10 tahun terakhir Indonesia selalu meraih medali dan honourable mention,” katanya.

Rafael Kristoforus Yanto mengatakan bahwa perolehan medali perak itu menjadi pemicu dirinya berprestasi lebih baik untuk dapat berkontribusi nyata bagi masyarakat. “Termasuk meningkatkan minat untuk matematika dan sains buat yang lain,” katanya.

Ketua Tim Delegasi Indonesia untuk IMO 2023 Aleams Barramerasa bersyukur atas raihan tim Indonesia dalam ajang tersebut. Aleams mengatakan selama dua hari peserta mengerjakan enam soal yang terbagi menjadi tiga soal per harinya dengan durasi waktu 4,5 jam. Menurut Aleams keenam siswa tersebut sebelumnya menjadi juara Olimpiade Sains Nasional bidang Matematika 2022.

Sementara itu Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami mengapresiasi perolehan medali dari Tim Indonesia itu. “Kami turut bangga dengan keberhasilan Tim Indonesia dalam Olimpiade Matematika Internasional ke-64 ini. Keikusertaan teman-teman sebagai duta bangsa di ajang internasional ini membawa harum nama Indonesia,” katanya.

Dia berharap prestasi itu dapat menginspirasi anak-anak muda di Indonesia untuk terus berkarya di bidangnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *