Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

WNI di Jepang Dihimbau Terus Mempromosikan Indonesia

Salah satu bagian dari acara IJFD yang berlangsung di Okinawa ( Foto dok antaranews.com/KBRI Jepang

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi berpesan kepada warga negara agar menjadi ujung tombak dalam mempromosikan Indonesia.

HALOJAPIN.COM. Kegiatan kegiatan Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) yang berlangsung selama 2023 resmi berakhir. Dalam penutupan acara yang berlangsung di Okinawa, Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi berpesan kepada warga negara agar menjadi ujung tombak dalam mempromosikan Indonesia.

“Saya mendorong Persatuan Persahabatan Okinawa – Indonesia, PPI Okinawa, dan Komunitas Keluarga Okinawa Indonesia (KKOI) agar menjadi wadah bersama untuk bersilaturahmi. Saling membantu dan saling gotong royong. Saya titip juga kepada teman-teman agar dapat menjadi ujung tombak daam mempromosikan Indonesia. Salah satunya memperkenalkan ragam seni budaya Indonesia kepada warga Jepang di Okinawa,” kata Dubes Heri dalam keterangannya.

Terus Mempromosikan Indonesia

Selain itu, Heri mengingatkan agar warga negara Indonesia di Jepang untuk tetap menjaga kerukunan dan mematuhi aturan yang ada. “Saya ingatkan teman-teman WNI di Jepang agar tetap rukun, patuhi aturan dan jaga nama baik Indonesia. Saya juga pesan teman-teman lapor diri, agar tercatat di database Pemerintah Indonesia. Jangan lupa daftar Pemilu jaga suasana tetap kondusif,” tambahnya.

Acara IJFD Okinawa ini juga memerikan kesempatan berdialog dengan PPI. Dubes Heri memberikan dukungan pada upaya PPI Okinawa untuk merangkul seluruh pelajar Indonesia yang ada di wilayah Okinawa. Selain itu juga menegaskan agar PPI dapat melakukan program kegiatan yang selaras dengan kegiatan Persatuan Persahabatan Okinawa – Indonesia.

Dubes Heri juga melakukan pertemuan dengan Ketua Persatuan Persahabatan Okinawa – Indonesia Moriki Nishihira. Dia menyampaikan kenaikan jumlah WNI di Okinawa memerlukan perhatian khusus dan mengharapkan dukungan kerja sama khususnya dalam hal pelindungan pelindungan warga, promosi Indonesia serta peningkatan people-to-people contact di Okinawa.


Selain itu Heri juga melakukan pertemuan dengan Wakil Gubernur Okinawa Yoshimi Teruya. Dalam pertemuan itu keduanya peningkatan kerja sama Indonesia Okinawa terutama dalam bidang perikanan, tenaga kerja dan pelindungan WNI. Selain dengan Wagub Okinawa, Dubes juga melakukan kunjungan ke Food Reborn Co., Ltd. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan serat nanas di Okinawa, Okinawa. Selain itu juga berkunjung ke Institute of Science and Technology (OIST), dan Okinawa Association of Corporate Executives.

Melansir laman anataranews.com. acara Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) di Okinawa 21-23 Desember 2023. Pelaksanaan acara ini sekaligus menjadi penutup gelaran yang telah terselanggara di 12 kota di Jepang sepanjang tahun ini. Acara IJFD Okinawa ini juga menampilkan kesenian tradisional Okinawa oleh Sanggar Matahari Terbit.

Pada IJFD kali ini, sekitar 118 orang WNI mendapatkan pelayanan. Ada 100 pelayanan paspor 100 orang, registrasi ulang Identitas Kependudukan Digital/e-KTP tiga orang. Kemudian ada lapor diri 10 orang dan konsultasi kekonsuleran lima orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *