Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

WNI di Jepang Sudah Lakukan Pencoblosan

Ada tiga TPS yang tersedia pada hari ini, akan tetapi penghitungan suara serentak pada 14-15 Februari 2024

HALOJAPIN.COM. Tepat pada hari ini Minggu 11 Februari 2024 warga negara Indonesia (WNI) di Jepang yang mempunyai hak pilihnya. Mereka melakukan pencoblosan di tempat pemungutan suara yang berada di Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT)  

Para diaspora Indonesia itu mulai datang pada pukul 08.00 waktu setempat untuk melakukan pencoblosan. Ada tiga TPS yang tersedia pada hari ini, akan tetapi penghitungan suara serentak pada 14-15 Februari 2024. Calon pemilih wajib untuk membawa surat undangan yang telah dikirim oleh PPLN Tokyo melalui pos serta kartu identitas berupa KTP atau paspor.

Berdasarkan data PPLN Tokyo, total terdapat 29.434 pemilih, 18.334 laki-laki dan 11.100 perempuan. Sementara itu, pemilih yang akan mencoblos di TPS sebanyak 2.847 orang, 26.587 pemilih lewat pos.

Antusiasme WNI Saat Pencoblosan

Salah satu pemilih dari Kanagawa, Hidayat Polim (33) mengaku memilih untuk menggunakan hak suara di TPS agar bisa merasakan suasana pesta demokrasi tersebut. “Bisa langsung merasakan euforianya untuk Pemilu karena lima tahun sekali,” ujarnya pada antaranews.com.  Untuk memilih calon presiden dan wakil presiden, dia mengatakan menggali informasi lewat berita dan debat capres dan cawapres. Hidayat berpesan kepada WNI di dalam maupun luar negeri untuk memanfaatkan hak suaranya untuk menentukan nasib bangsa selama lima tahun ke depan.

Sementara itu WNI lainnya Risky Revily (27) menyambut antusias pemilu kali ini. Ia menyebut pemilu 2024 ini menjadi yang pertama ia ikuti ketika berada di liar negeri. “Meriah banget ya, ramai banget orang-orang juga pada antusias,” katanya. Terkait menentukan pilihan calon presiden, Risky mengaku yakin sebab ia pernah bertemu dengan kandidat yang menjadi pilihannya itu. “Kalau aku sempat ketemu sama salah satu capres di Bata. Jadi, orangnya gimana. Visi sama misinya juga sesuai sih sesuai sama diri aku sendiri,” tuturnya. Keduanya mengaku tidak mengalami kesulitan saat mendaftar maupun ketika menggunakan hak suaranya.

Menurut data Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jepang menyebut bahwa daftar pemilih tetap di negara tersebut sebanyak 29.434 orang. Adapun rinciannya adalah dengan perincian 26.587 pemilih melalui pos dan 2.847 pemilih melalui tempat pemungutan Suara (TPS). PPLN Tokyo sendiri akan membuka tiga tempat pemungutan suara (TPS) Pemilu 2024 mendatang di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *