Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

USU Jalin Kerjasama dengan CUC Jepang Lewat Program Summer Course

delegasi dari Shiba Univerity of Commerce (Foto dok usu.ac.id)

Program ini akan melibatkan pertukaran mahasiswa antara kedua universitas.

HALOJAPIN.COM. Summer course menjadi salah satu kesepakatan kerjasama pendidikan antara Universitas Sumatera Utara (USU) dan Chiba University of Commerce (CUC) Jepang. Program ini akan melibatkan pertukaran mahasiswa antara kedua universitas.

Menurut Wakil Rektor III USU Prof. Dr. Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan berharap kerja sama pendidikan khususnya dalam hal pertukaran mahasiswa dapat membawa dampak positif bagi kedua institusi pendidikan tersebut. “Jadi gini, tahun lalu sudah penandatanganan MoU. Kita akan eksekusi tindak lanjut kerja samanya. Untuk pertama sekali adalah ‘summer course programs’, mengirim mahasiswa ke Chiba University of Commerce. Pihak dari Chiba University untuk juga mengirmkan mahassiwa ke sini mengikuti program ‘summer course’ kita. Kemudian yang kedua nanti adalah satu semester berkegiatan di sana mahasiswa kita. Jadi itu dulu yang pertama sekali yang paling mungkin bisa dilakukan yakni kegiatan ‘summer course’ yang tahun ini bisa dilakukan,” ungkapnya.

Pihak USU sendiri berencana pengiriman dua mahasiswa pada tahun ini sebagai langkah awal. Selain itu USU memiliki visi yang sejalan dengan Chiba University dalam hal energi terbarukan di lingkungan kampus. Kemudian institusi ini memiliki kesamaan pemahaman terhadap penilaian Times Higher Education (THE) Impact, yang menekankan pada pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk dalam konteks energi terbarukan.

“Tentunya ya, karena kita sama-sama mengikuti pemeringkatan THE Impact yang intinya pola penilaian itu adalah SDGs. Nah jadi pemahamannya sama mengenai ‘renewable energy’,” katanya.

Sebagai informasi summer course merupakan program pendidikan oleh universitas, lembaga pendidikan, atau organisasi tertentu saat musim panas. Umumnya, kegiatan terselenggara pada akhir tahun ajaran, ketika mahasiswa libur. Tujuan kegiatan ini untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan pada bidang-bidang tertentu. Selain itu juga untuk mempersiapkan mereka untuk masuk ke level pendidikan yang lebih tinggi.

Program Summer Course

Pada umumnya, summer course memiliki durasi yang singkat. Topik dalam program summer course bisa bermacam-macam dalam bidang akademik hingga bisnis. Adapun yang dibahas dalam program ini seperti matematika, ilmu pengetahuan, dan bahasa, hingga bidang-bidang praktis seperti bisnis, teknologi, dan seni.

Selain memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan, summer course juga memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan sosial. Diantara program eterampilan tersebut adalah leadership, presentasi, kerjasama tim, komunikasi, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *