Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Apresiasi untuk Pahlawan Asal Jepang Dalam Kemerdekaan Indonesia

Dubes RI dengan keluarga pahlawan Asal Indonesia Jepang (Foto dok antaranews/HO-KBRI Tokyo)

halojapin.com. Perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 di KBRI Tokyo berlangsung meriah. Selain upacara dan peletakan bunga di Monumen Soekarno, Tokyo juga melakukan ramah tamah dengan pahlawan keturunan Jepang.

“Ini adalah apresiasi kita atas peran pahlawan keturunan Jepang yang berjuang bersama pahlawan Indonesia. Kemerdekaan adalah hak setiap bangsa dan konstitusi kita tidak membedakan latar setiap individu. Semua warga Indonesia berkedudukan sama di mata hukum dan mendapat pelayanan yang sama”, kata Heri Akhmadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang

Pada acara tersebut Heri didampingi Atase Pertahanan Laksamana Pertama Azwan Yusuf dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno. Selain itu ada Kresna Hadi yang merupakan perwakilan keluarga mantan tentara Jepang yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Kemudian ada juga Gani Giro Nasuha, cucu dari Giro Nakama.

Heri memberikan apresiasi kepada keluarga tentara Jepang yang turut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia yakni “Hari ini khusus saya undang perwakilan keturunan Jepang yang merupakan pejuang Indonesia karena ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia. Ini simbol kuat kedekatan Indonesia dan Jepang,” kata Heri dalam keterangan tertulisnya

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 78 berlangsung di Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT). Pasukan pengibar bendera (paskibra) dalam upacara pengibaran bendera merah putih itu melibatkan 18 pelajar Indonesia. Mereka telah dilatih khusus Taruna Akademi TNI yang melaksanakan pendidikan di National Defense Academy of Japan.

Jaga Kekompakan

Usai melakukan upacara Heri beserta Ibu Nuning Akhmadi melakukan pemotongan tumpeng untuk perwakilan masyarakat, perwakilan BI dan BUMN di Jepang serta Taruna TNI. Ada pula acara ramah-tamah dengan WNI di Jepang. Acara kemudian berlanjuy dengan aneka lomba seperti lomba kelereng, makan krupuk dan tarik tambang serta karnaval anak-anak berpakaian daerah.

kemudian Heri menambahkan bahwa peringatan HUT RI tahun ini juga bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. Dia juga mengingatkan agar WNI tetap menjaga persatuan khususnya menjelang Pemilu 2024 mendatang. “Kita sama-sama di rantau, jadi harus menjaga kekompakan dan saling mengingatkan dalam kebaikan. Saya mengingatkan agar kita jangan pernah lelah mencintai Indonesia. Mari Terus Melaju, untuk Indonesia Maju,” kata Heri.

Monumen Soekarno letaknya ppersis di samping Kuil Seisho Ji, Tokyo. Pemerintah Jepang mendirikan monumen ini beberapa tahun setelah kunjungan Presiden Soekarno ke Jepang pada 1958 atas undangan Kaisar Hirohito

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *