Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Bantuan Kemanusiaan 10 Juta Dolar AS untuk Gaza Dari Jepang

Bahkan Jepang mengupayakan dibukanya akses kemanusiaan di jalur Gaza sehingga bantuan kemanusiaan bisa masuk.

halojapin.com. Krisis kemanusiaan di Gaza memancing empati negara negara di dunia. Jepang akan memberikan bantuan sebesar 10 juta dolar AS (Rp156,5 milyar) bagi warga sipil Jalur Gaza. Bahkan Jepang mengupayakan pembukaan akses kemanusiaan di jalur Gaza sehingga bantuan kemanusiaan bisa masuk.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa. bantuan tersebut disalurkan melalui lembaga internasional. Namun Kamikawa tidak menjelaskan lebih jauh tentang lembaga internasional tersebut . Ia mengaku berencana menggelar pembicaraan lewat telepon dengan Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian pada Selasa malam guna turut mengurangi ketegangan di Timur Tengah secepat mungkin.

“Kami akan terus melakukan upaya diplomatik guna mendapatkan akses kemanusiaan sehingga bantuan yang dibutuhkan seperti makanan, air dan persediaan obat-obatan dan kesehatan, dapat diberikan kepada warga sipil yang tidak bersalah dan pengungsi Palestina,” kata Kamikawa.

Situasi di Timur Tengah yang memanas secara langsung berpengaruh pada Jepang. Negara ini sangat tergantung kepada impor minyak mentah dari negara-negara Timur Tengah. Negara ini sudah lama menjalin hubungan persahabatan dengan kawasan ini. Kamikawa, yang mulai menjabat sekitar sebulan lalu, sudah menelepon sejawat-sejawatnya dari Mesir, Yordania dan Arab Saudi, serta Israel dan Palestina.

Seperti diketahui Israel telah menyatakan perang Hama s pada 7 Oktober lalu. Pasukan Hamas melancarkan serangan mendadak dari Jalur Gaza yang memicu serangan balasan Israel. Ribuan orang tewas dari kedua belah pihak.

Situasi kemanusiaan di Gaza langsung memburuk begitu Israel mengepung kantong Palestina itu dan memutus layanan-layanan dasar. Hal ini menyebabkan ratusan ribu warga Palestina mengungsi.

Hingga hari ke 10 pertempuran di jalur Gaza sebanyak 254 warga Palestina tewas dan 562 orang lainnya terluka. Koresponden WAFA yang mengutip rumah sakit di Jalur Gaza, melaporkan bahwa dalam 24 jam terakhir dan sampai Senin (16/10) malam, 254 warga Palestina tewas sehingga totalnya menjadi 2.808 orang.

Ribuan Meninggal di Gaza

Sementara itu, 562 orang lainnya terluka sehingga keseluruhan korban luka berjumlah 10.850 orang. Sebanyak 64 persen warga Palestina yang tewas adalah perempuan dan anak-anak, dengan jumlah masing-masing 936 dan 853.

Selain itu, jumlah personel kesehatan yang terbunuh dalam agresi Israel bertambah menjadi 37 orang, yang terdiri atas dokter, paramedis, perawat dan lainnya. Dia mengungkapkan bahwa 3.731 bangunan tempat tinggal, termasuk 10.500 rumah hancur akibat pendudukan Israel. Sekitar 10.000 rumah juga hancur sebagian, termasuk 7.100 rumah yang tak layak huni.

Agresi Israel juga berdampak pada sekolah-sekolah. Sebanyak 18 sekolah tutup akibat rusak parah, sedangkan 150 sekolah lainnya mengalami rusak sebagian. Selain itu pula bahwa 127 staf pendidikan dan ratusan siswa tewas akibat agresi Israel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *