Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Buronan Asal Jepang Akhirnya Ditangkap di Lampung

HALO JAPIN. Buronan asal Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) akhirnya berhasil ditangkap di Lampung. Penangkapan ini dilakukan setelah keberadaannya berhasil dideteksi oleh pihak imigrasi. Ia diamankan pada hari Selasa malam di Kaliresjo, Lampung Tengah.


Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta .”MT diamankan saat berada di Kalirejo, Lampung Tengah, oleh pihak Imigrasi Bandar Lampung bersama Polsek Kalirejo, Polres Lampung Tengah,” kata Dedi. Ia menambahkan bahwa informasi diamankannya warga negara Jepang itu diperoleh dari hasil koordinasi dengan pihak imigrasi.

Dedi mengatakan bahwa setelah pihak Jepang mencabut paspor Mitsuhiro Taniguchi, subjek terdeteksi berada di Kalirejo, Lampung Tengah, lalu diamankan oleh imigrasi. “Ia diamankan pada Selasa tanggal 7 Juni pukul 22.30 WIB,” kata Dedi. Buronan polisi Tokyo selanjutnya akan diserahkan ke Direktorat Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian untuk ditindaklanjuti sesuai dengan Undang-Undang Keimigrasian.

Sementara itu Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengatakan belum bisa memastikan jadwal pemulangan warga negara Jepang berinisial MT terkait kasus korupsi dana bantuan sosial COVID-19.

“Terkait proses pemulangan warga negara Jepang tersebut, Ditjen Imigrasi akan melakukan pemulangan secepatnya setelah kami berkoordinasi dengan Kedutaan Besar Jepang,” kata Kepala Divisi Keimigrasian Lampung Edy Eko Putranto di Jakarta, Rabu. Namun pihaknya belum bisa memastikan atau menjanjikan kapan MT dipulangkan ke Jepang. “Nanti kalau sudah bisa dipulangkan, akan kita informasikan,” ujarnya.

MT diketahui telah berada di Indonesia sejak 1,5 tahun terakhir dengan mengantongi kartu izin tinggal terbatas (kitas). Tersangka dugaan kasus korupsi dana COVID-19 di negara asalnya itu diketahui menetap di Jakarta, namun menjalankan bisnis bidang perikanan di Provinsi Lampung.

Polisi Jepang mengusut kasus dugaan penipuan dana subsidi bagi usaha kecil yang mengalami dampak pandemi COVID-19. Tiga orang ditetapkan sebagai tersangka, yakni Rie Taniguchi (45) mantan istri Mitsuhiro, dan dua anaknya, yakni Daiki (22) serta putra keduanya berusia 21 yang namanya belum disebutkan. Para tersangka diduga diminta oleh Mitsuhiro mengajukan pengembalian pajak atas nama orang yang telah terdaftar di kantor pajak atau memalsukan permohonan.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *