Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Di Tokyo 1 Orang Meninggal dan 5 Dilarikan ke RS Akibat Tersedak Kue Mochi

Kue mochi ( foto wikipedia)

halojapin.com. Setidaknya ada lima orang dalam kondisi serius setelah mengonsumsi kue mochi di daerah Tokyo. Bahkan satu orang diberitakan meninggal. Tercatat sembilan orang masuk rumah sakit dalam peristiwa ini.


Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo, kejadian ini berlangsung antara 1dan 3 Januari 2023. Ada sembilan orang yang dilarikan ke rumah sakit akibat makan kue berbahan beras ketan pada perayaan Tahun Baru lalu.

Penyebabnya kue mochi tersebut tersangkut di tenggorokan mereka. Para korban mochi ini berumur antara 28 dan 93 tahun. Sembilan orang yang dibawa ke rumah sakit tersebut terdiri dari tiga orang berusia 70-an, dua berusia 80-an, dua berusia 90-an, satu berusia 20-an dan satu berusia 60-an.

Dilansir dari laman asahi.com, korban yang meninggal akibat kue mochi ini adalah perempuan berusia 90-an tahun. Dia tersedak mochi ketika dia sedang makan semangkuk “shiruko,” atau sup manis yang terbuat dari kacang. Diketahui perempuan tersebut meninggal sekitar jam 4 sore pada tanggal 3 Januari di rumahnya yang berada di Distrik Shibuya.

Disebutkan pula pada 1 Januari, seorang pria berusia 80-an mengalami serangan jantung setelah tersedak mochi ketika mengonsumsi semangkuk “zoni”, sup Tahun Baru. Ia meninggal rumahnya di Hino. Seorang pria berusia 70-an juga dilarikan ke rumah sakit dalam keadaan serangan jantung setelah tersedak mochi di rumahnya di Nishi-Tokyo.

Korban yang meninggal akibat kue mochi ini adalah perempuan berusia 90-an tahun. Dia tersedak mochi ketika dia sedang makan semangkuk “shiruko,” atau sup manis yang terbuat dari kacang.

Departemen Pemadam Kebakaran Tokyo mengimbau masyarakat untuk memotong mochi menjadi potongan-potongan kecil dan mengunyah kue dengan baik sebelum menelannya. Hal ini dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Selain itu pihaknya juga menyarankan orang untuk memperhatikan bayi dan orang tua dengan hati-hati saat mereka makan mochi. Selain itu disarankan untuk mempelajari cara memberikan pertolongan pertama kepada seseorang yang tersedak mochi juga disarankan.

Kue mochi Jepang adalah kue yang terbuat dari mochigome atau beras ketan japonica berbutir pendek. Kue ini merupakan makanan multikomponen yang terdiri dari polisakarida, lipid , protein , dan air. Mochi memiliki struktur gel amilopektin yang heterogen, butiran pati, dan gelembung udara.


Beras yang digunakan untuk mochi memiliki kandungan amilosa yang dapat diabaikan dan tingkat amilopektin yang tinggi, menghasilkan konsistensi seperti gel. Kandungan protein beras japonica yang digunakan untuk membuat mochi lebih tinggi daripada beras berbiji pendek standar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *