Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Dua Seniman Indonesia Indonesia Menjadi Juri di Ajang Bergengsi Jepang

HALO JAPIN. Dua orang seniman terpilih menjadi juri dalam ajang bergengsi Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022. Kedua seniman itu adalah Fadjar Kurnia dan Muhammad Fahry Aziz dari The Fox The Folks. Dua kreator video mapping Indonesia itu tidak hanya berperan sebagai juri tetapi juga menjadi tamu khusus di Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022.


“Kami tidak pernah berekspektasi bisa menjadi juara pada tahun lalu. Dan sekarang, kami sangat senang diundang menjadi juri dan tamu dalam kompetisi ini,” kata Fadjar Kurnia seperti dilansir laman antaranews.com pada Rabu (21/09). Fadjar mengaku bahwa dirinya tidak mengira bisa menjadi juri di ajang bergengsi tersebut.


Lebih lanjut Fadjar berharap ke depan banyak orang Indonesia yang menorehkan banyak prestasi di luar negeri. “Kami harap ke depannya anak Indonesia tidak takut lagi berkarya di luar negeri,” ujarnya.

Sementara itu Muhammad Fahry Aziz berharap karya The Fox The Folks mampu memberikan inspirasi seniman muda Indonesia dan dunia. Disebutkan bahwa dua kreator video mapping Indonesia itu tidak hanya berperan sebagai juri tetapi juga menjadi tamu khusus di Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022.

Dubes RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi memberikan apresiasi pada keterlibatan dua seniman Indonesia tersebut. Menurut Heri terpilihnya The Fox The Folks menjadi salah satu juri di Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022 merupakan bukti keberhasilan seniman muda Indonesia tampil di ajang kompetisi internasional.

“Sangat membanggakan melihat prestasi gemilang dari seniman muda Indonesia. Kreativitas mereka di ajang internasional sebagai juri membuktikan bahwa karya seni anak muda Indonesia semakin diperhitungkan di ajang kelas dunia,” ujar Dubes Heri. Dia mengatakan KBRI Tokyo senantiasa mendukung kreativitas seniman Indonesia dalam ajang kompetisi dunia. Dubes Heri juga berharap ke depannya kerja sama Indonesia-Jepang melalui kolaborasi di industri kreatif dapat terus berlanjut.

Tokyo Light One Minute Projection Mapping 2022 digelar di Meiji Memorial Picture Gallery, Tokyo pada 17-19 September 2022 dengan juri yang berjumlah delapan orang. Dalam kompetisi Tokyo Light One Minute Projection Mapping tahun ini, 19 finalis yang ditayangkan dalam kompetisi kali ini adalah dari Tiongkok, Iran, Kroasia, Spanyol, Jepang, Bulgaria, Polandia, Hongaria, Jerman, Thailand dan Ukraina. Ada sebanyak 241 peserta dari 55 negara. Pemenang hadiah Grand Prize diraih oleh peserta dari Hongaria. Untuk juara dua diraih oleh peserta dari Thailand.

Selain menjadi juri, The Fox The Folks juga diminta menjadi tamu untuk menampilkan karya baru mereka untuk memeriahkan kompetisi Tokyo Light One Minute Projection Mapping yang bertemakan “Life”. Karya dari The Fox The Folks yang tampil berjudul “Ad Astra”. Karya itu mengisahkan tentang perjalanan hidup sebuah bintang yang tumbuh dan berkembang untuk menggapai mimpinya.

Disebutkan bahwa pada 2021, The Fox The Folks memenangi kategori Grand Prize dan Audience Award pada kompetisi yang sama. Kompetisi tersebut merupakan seni pemetaan proyeksi yang memadukan penataan cahaya dan suara dalam sebuah karya seni unik yang dinilai secara ketat oleh panel pakar berskala Internasional.(sumber antaranews.com)***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *