Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Eimei Panda Raksasa China yang Menjadi Simbol Persahabatan dengan Jepang

Panda Emei simbol persahabatan Jepang dan China ( sumber foto : www.aws-s.com)

halojapin.com. Seekor panda raksasa menjadi simbol persahabatan antara China dan Jepang. Panda bernama Eimei itu menjadi utusan khusus akan tinggal di taman hiburan Shirahama, Prefektur Wakayama Jepang.


Panda yang telah berumur 28 tahun tersebut ditetapkan oleh Konsul Jenderal China di Osaka Xue Jian sebagai utusan khusus China untuk persahabatan dalam upacara di Adventure World pada Sabut kemarin. Sebagai simbol persahabatan antara China dan Jepang, kata Xue, Eimei memiliki peran unik dalam mempromosikan persahabatan antara kedua bangsa dan mengembangkan hubungan bilateral.

“Saya berharap semakin banyak orang Jepang dapat mengubah rasa kasihnya untuk panda menjadi rasa kasih untuk umat manusia,” tambah Xue. Selain itu dirinya juga berharap Jepang dapat merasa lebih dekat dengan China, kampung halaman panda, melalui hubungan persahabatan antara kedua negara yang dibangun oleh panda.

Sementara itu, Gubernur Perfektur Wakayama Shuhei Kishimoto mengatakan berkat kerja sama antara Adventure World dan pusat penelitian dan penangkaran panda raksasa di Provinsi Sichuan, China, Wakayama dan Sichuan menjalin hubungan persahabatan kedua daerah itu sejak Januari 2022. Kishimoto mengatakan Perfektur Wakayama akan terus mengembangkan hubungan persahabatan yang dibangun oleh Eimei serta berupaya meningkatkan pertukaran antara Jepang dan China.

Adventure World mengumumkan Eimei akan kembali ke pusat penelitian dan penangkaran panda raksasa Chengdu pada Februari 2023 bersama dengan putri kembarnya, Ouhin dan Touhin. Nantinya, akan ada empat panda raksasa yang tinggal di Adventure World.

Eimei tiba di Jepang dari China tahun 1994 dan bapak dari 16 anak panda raksasa yang lahir di Adventure World. Angka tersebut merupakan rekor dunia sebagai panda raksasa tertua yang berhasil dibesarkan di penangkaran Eimei, atau dalam bahasa Mandarin Yong Ming, adalah panda jantan berumur 30 tahun sekaligus merupakan panda raksasa tertua yang hidup di Jepang. Sepuluh tahun kedatangan panda raksasa ini menjadi peringatan 50 tahun normalisasi hubungan diplomatik antara China dan Jepang serta kunjungan pertama seekor panda raksasa ke Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *