Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

GPH Bhre Cakrahutomo Resmi Dilantik Sebagai Mangkunegara X

Mangkunegara X (Foto. Fb.puromangkunegaran)

HALO JAPIN. Gusti Pangeran Haryo (GPH) Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo resmi menjadi Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X . Perhelatan tersebut dihadiri oleh para tokoh hingga Presiden Joko Widodo.


Proses pengukuhan dilakukan pada hari Sabtu di Pura Mangkunegaran Surakarta. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB. Mengenakan bawahan kain batik bermotif parang dengan atasan beskap hitam Bhre dilantik oleh ibundanya Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX.
Istri KGPAA Mangkunegara IX tersebut meminta agar putra bungsunya itu selalu memberikan ketenteraman bagi Pura Mangkunegaran. Selanjutnya, prameswari dalem menyerahkan piagam pengukuhan kepada Bhre di hadapan ratusan tamu yang hadir.

Pada kesempatan itu, Bhre berjanji selalu melestarikan budaya yang selama ini berjalan di Pura Mangkunegaran. “Secara tulus juga akan menegakkan Pancasila dan UUD 1945,” katanya. Beberapa tamu yang terlihat hadir, di antaranya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Surakarta Teguh Prakosa, serta perwakilan dari sejumlah Keraton Mataram.

Sosok GPH Bre Cakrahutama Wira Sudjiwo lahir pada 29 Maret 1997. Pria 24 tahun ini merupakan putra bungsu dari pernikahan KGPAA Mangkunegara IX dengan Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX. Bre Cakrahutama memiliki kakak perempuan bernama Gusti Raden Ajeng (GRA) Ancillasura Marina Sudjiwo dan dua kakak tiri dari istri pertama KGPAA Mangkunegara IX yang merupakan putri dari Presiden pertama RI, Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri.

Semasa kuliah, GPH Bhre Cakrahutomo prestasinya terbilang moncer dalam bidang akademiknya. Ia pernah tergabung dalam Tim Mooting Vis Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Saat itu Bhre bersama timnya berhasil memboyong gelar champion dalam sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Sedangkan Pura Mangkunegaran sendiri adalah istana tempat kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran. Istana ini dibangun oleh Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa, pendiri Mangkunegaran yang bergelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I.

Pura Mangkunegaran terletak di Jalan Ronggowarsito, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Hingga saat ini, Pura Mangkunegaran menjadi salah satu objek wisata bersejarah di Surakarta yang banyak dikunjungi oleh wisatawan Nusantara ataupun mancanegara. (Dari berbagai sumber) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *