Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Indonesia dan Jepang Akan Lebih Perkuat Kerjasama di Bidang Pertahanan

Karen Durham-Aguilera (left), executive director, Arlington National Cemetery and Army National Military Cemeteries; and Indonesian Army Chief of Staff Gen. Andika Perkasa (right) exchange gifts in the Memorial Amphitheater Display Room at Arlington National Cemetery, Arlington, Virginia, Jan. 30, 2020. Perkasa participated in an Army Full Honors Wreath-Laying Ceremony at the Tomb of the Unknown Soldier and toured the Memorial Amphitheater Display Room. (U.S. Army photo by Elizabeth Fraser / Arlington National Cemetery / released)

HALO JAPIN. Jepang dan Indonesia menjajaki rencana kerjasama dibidang pertahanan dan keamanan khususnya wilayah Asia. Hal itu terjadi ketika Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa bertemu dengan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji.


“Saya ingin hubungan kerja sama Indonesia dan Jepang di berbagai sektor terus ditingkatkan,” kata Panglima TNI, Andika Perkasa seperti dikutip dari laman antaranews.com. Andika menambahkan bahwa pertemuan tersebut akan mempererat hubungan bilateral antara kedua negara khususnya di bidang pertahanan dan keamanan.

Dikatakan oleh Andika bahwa kerjasama bidang pertahanan dan keamanan yang telah terjalin diproyeksikan bukan hanya melalui latihan bersama dan program kerja pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista). Selain itu mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) tersebut juga berharap hubungan atau koneksi antara prajurit Japan Self Defence Force (JSDF) dan TNI juga semakin erat.


Sebelumnya, Andika mengatakan dirinya telah berbicara dengan Kepala Staf Angkatan Darat Jepang terkait rencana latihan bersama antara tentara AD kedua negara. TNI banyak belajar dari militer Jepang, lanjutnya. “Khususnya dalam hal manajemen bencana,” tambahnya.

Menurutnya Jepang memiliki pengalaman dalam penanganan bencana, sehingga layak untuk dicontoh dalam manajemen bencana.


Dilansir dari laman antaranews.com, duta besar Jepang untuk Indonesia, Kanasugi Kenji mengatakan optimalisasi kerjasama di bidang pertahanan dan keamanan kedua negara antara lain dengan kerja sama pengadaan alutsista hingga latihan bersama, baik untuk dilakukan. “Kami sangat menantikan untuk ambil bagian pada Garuda Shield Indonesia,” ujarnya.


Dia menilai kerja sama antara kedua negara penting dilakukan, terutama dalam membangun kekuatan pertahanan dan keamanan khususnya di kawasan Asia. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *