Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Indonesia dan Jepang Sepakat Perkuat Kerja Sama Sektor Transportasi

Menteri Perhubungan RI dan Duta Besar Jepang sepakat kuatkan kerjasama di sektor transportasi (Foto dok. kemenhub)

Adapun proyek kerjasama transportasi yang menjadi perhatian khusus adalah MRT Jakarta East-West, Pelabuhan Patimban, dan Proving Ground Bekasi.

HALOJAPIN.COM. Indonesia dan Jepang sepakat untuk melanjutkan pembahasan kerjasama bidang sektor transportasi. Adapun proyek kerjasama transportasi yang menjadi perhatian khusus adalah MRT Jakarta East-West, Pelabuhan Patimban, dan Proving Ground Bekasi.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkapkan bahwa keberlangsungan kerja sama bertemu dengan Duta Besar (Dubes) Jepang Masaki Yasushi. “Saya berharap kerja sama antara Indonesia dan Jepang di berbagai bidang. Khususnya di sektor transportasi dapat semakin diperkuat dan diperluas,” dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (16/2) “

Lebih lanjut Budi karya menjelaskan bahwa pihaknya telah menandatangani memorandum of cooperation. Dalam kesepakatan itu kembali menegaskan komitmen kedua negara untuk meningkatkan kerja sama di bidang transportasi. Kesepakatan tersebut terjadipada Januarai 2024 ketika bertemu Vice Minister Ministry of Land, Infrastructure, Transport, and Tourism (MLIT) Jepang.

Selain itu Kemenhub juga menyampaikan sejumlah proyek kerja sama kedua negara yang menjadi perhatian khusus, yaitu proyek MRT Jakarta East-West, Pelabuhan Patimban, dan Proving Ground Bekasi. Sedangkan proyek MRT Jakarta East-West targetnya adalah penandatanganan loan agreement pada Maret 2024 dan kontrak konstruksi pada awal 2026. “Saya mengapresiasi pihak Jepang yang sepakat untuk melakukan groundbreaking MRT East-West pada bulan Agustus. Itu berarti, saya dan Bapak Presiden berkesempatan untuk menyaksikan momen tersebut,” ujarnya.

Budi karya berharap pemerintah Jepang dapat berkomitmen penuh dalam proyek-proyek infrastruktur transportasi di Indonesia, di antaranya Pelabuhan Patimban dan Proving Ground Bekasi. “Khusus untuk Pelabuhan Patimban, kami berharap peran serta pihak Jepang dalam pengembangan backup area,” ucap Menhub.

Menhub menuturkan pada April 2024 mendatang, dia akan berkunjung ke Tokyo untuk bertemu dengan Pemerintah Jepang dan beberapa investor potensial terkait pengembangan transit oriented development (TOD) di sepanjang jalur MRT North-South dan East-West. “Saat ini, kami bersama MRT Jakarta sedang berkoordinasi dengan MLIT dan JICA untuk mempersiapkan business forum tersebut,” kata Menhub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *