Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

“Indonesia Halal Vending Machine” Sekarang Tersedia di Jepang

Eending machine produk halal Indonesia di Jepang ( Foto KBRI/antaranews)

halojapin.com. Kabar gembira dari Jepang khususnya untuk umat Islam. Saat ini di negara tersebut ada mesin jual otomatis yang menjajakan produk halal asli Indonesia. Adanya vending machine ini merupakan yang pertama berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Adanya mesin ini disambut meriah oleh diaspora Indonesia. Bahkan mereka antusias untuk memasarkannya.

Hadirnya mesin jual otomatis ini adalah bagian untuk memasarkan produk dalam negeri dan mempromosikan Indonesia sebagai pusat halal dunia. Adanya mesin tersebut berkat kolaborasi KBRI Tokyo dengan Kementerian Perdagangan, Bank Indonesia, Bank BNI, Garuda Indonesia, Pertamina serta ASEAN Japan Centre.

“Ini merupakan vending machine pertama di Jepang yang dibuat berdasarkan promosi produk eksklusif dari satu negara. Sejak masa pandemi, kami bersama seluruh pihak mulai merencanakan langkah inovatif untuk meningkatkan pemasaran produk Indonesia di Jepang,” kata Wakil Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang John Tjahjanto Boestami di Tokyo, Selasa.

Selanjutnya John mengatakan hingga minggu lalu pihaknya sudah mendapatkan setidaknya empat permintaan dari diaspora Indonesia di Jepang. Mereka tertarik untuk memasarkan produk halal Indonesia melalui mesin jual otomatis halal Indonesia. “Nantinya akan ditempatkan di pusat keramaian, pusat ibadah, serta pusat perbelanjaan di seluruh Jepang,” tambahnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menekankan pemasaran produk makanan dan minuman halal dengan vending machine adalah untuk mempromosikan Indonesia sebagai pusat halal dunia di 2024.

“Pemerintah berkomitmen menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia pada 2024. Sehingga perlu adanya langkah-langkah untuk mendorong ekspor produk halal Indonesia. Saat ini fokus pada makanan halal, modest fashion, farmasi dan kosmetik. Mesin itu merupakan langkah inovatif, kolaboratif dan efektif dalam peningkatan ekspor produk halal tersebut,” katanya.

Dalam mesin tersebut ada berbagai produk kemasan makanan minuman khas Indonesia. Beberapa makanan yang tersedia antara lain kuliner khas nusantara, rendang daging, cumi balado. Selain itu ada sambal teri, ayam goreng, nasi goreng dan paru balado.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *