Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Indonesia Usung Tema Pembangunan Berkelanjutan di World Expo 2025 di Osaka

Pembangunan paviliun Indonesia di Ekspo Dunia Osaka ( Foto dok bappenas)

Nantinya paviliun Indonesia mengusung desain perahu yang merepresentasikan pembangunan berkelanjutan dan simbol jelajah potensi masa depan.

HALOJAPIN.COM.Indonesia bersiap mengikuti World Expo 2025 di Osaka, Jepang, pada 13 April-13 Oktober 2025. Dengan mengangkat tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”, dengan fokus utama komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan. Nantinya paviliun Indonesia mengusung desain perahu yang merepresentasikan pembangunan berkelanjutan dan simbol jelajah potensi masa depan.

“Sebagai negara kepulauan terbesar, dihuni populasi keempat terbesar dan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia, Indonesia telah melaksanakan berbagai strategi untuk mewujudkan SDGs,” ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa di Osaka, Kamis (27/2).

Dalam agenda lima tahunan ini, Paviliun Indonesia mengangkat tema “Thriving in Harmony: Nature, Culture, Future”, dengan fokus utama komitmen Indonesia terhadap pembangunan berkelanjutan, termasuk implementasi ekonomi hijau dan ekonomi biru untuk TPB/SDGs.

Paviliun Indonesia mengusung desain perahu yang merepresentasikan pembangunan berkelanjutan dan simbol jelajah potensi masa depan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045 “Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan” untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.

Tema World Expo 2025

Tampak hadir dalam acara tersebut Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Wali Kota Osaka Hideyuki Yokohama. Selain itu juga Sekretaris Jenderal World Expo 2025 Osaka Hiroyuki Ishige, serta Konsul Jenderal dan Commisioner General negara-negara peserta Expo.

Sekedar informasi “Expo 2025 Osaka Kansai” ini akan berlangsung 13 April hingga 13 Oktober 2025 mendatang. Acara pameran terbesar dunia ini mengusung utama Designing Future Society for Our Lives. Untuk sub temanya sendiri ada tiga macam.Pertama adalah Saving Lives yang berfokus pada melawan penyakit berbahaya dan memperpanjang harapan hidup. Kedua, Empowering Lives yang mendukung pendidikan dan pekerjaan dengan artificial intelligence dan robot. Ketiga adalah Connecting Lives.

Untuk lokasi dari World Expo 2025 berada di Pulau Yumeshima. Desain dari lokasi acara memiliki nuansa futuristik nan ramah lingkungan. Ada jalur berbentuk seperti ring yang bisa digunakan para pejalan kaki. Sugano berkata pembangunannya akan menggunakan material sustainable.

Menurut perkiraan ada sekita 28,2 juta orang yang akan berkunjung ke Expo Osaka 2025. Ada sekitar 3,5 juta pengunjung dari luar negeri yang diperkirakan akan mengunjungi acara ini. Selain itu, Pokemon terpilih menjadi Special Supporter dari ajang ini. Indonesia sendiri menyatakan akan ikut dalam perhelatan akbar tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *