Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Ingin Kuliah dan Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Jepang 2024 Cek Disini

Pendaftaran beasiswa ini akan berakhir 22 Januari 2024 mendatang dengan beberapa syarat yang harus dipenuhi.

HALOJAPIN.COM. Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) membuka lowongan beasiswa kuliah untuk Mahasiswa S1/D4. Pendaftarannya akan 22 Januari 2024 mendatang. Disebutkan untuk masa studi selama 1 tahun periode September hingga Oktober 2024 dan Agustus hingga September 2025

Adapun beasiswa MEXT ini merupakan program non-gelar yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman tentang bahasa dan kebudayaan Jepang. Untuk seleksi ujian besiswa kuliah akan berlangsung pada pertengahan bulan Febuari 2024. Untuk pengumumannya berlangsung pada akhir Febuari 2024. Adapun seleksi wawancaranya ketika sudah lolos berlangsung pada awal Maret 2024. Untuk pengumuman akan ada pada awal Maret 2024.

Syarat dan Fasilitas dari Beasiswa Kuliah

Sedangkan Secondary screening berlangsung Maret hingga Juli atau pertengahan Agustus 2024. Dan pengumuman hasil akhir seleksi beasiswa MEXT pada Juli-pertengahan Agustus 2024. Bagi yang lolos seleksi akan berangkat ke Jepang pada September atau Oktober 2024 Selanjutnya, ketika peserta lolos seleksi beasiswa MEXT ini maka akan belajar selama 1 tahun ke universitas di Jepang dan peserta yang telah menyelesaikan program ini akan mendapatkan sertifikat.

Untuk persyaratan umum beasiswa Kuliah di Jepang 2024 adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa aktif minimal semester 3 jenjang S1/D4 dari jurusan sastra/pendidikan bahasa Jepang.
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Menguasai bahasa Jepang
  4. Berusia maksimal 29 tahun per 1 April 2024
  5. Direkomendasikan oleh institusi tempat berkuliah saat ini dan telah lolos seleksi internal di institusi masing-masing
  6. Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun saat sudah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.
  7. Peserta harus segera kembali ke Indonesia saat beasiswa berakhir dan melanjutkan kuliah

Untuk fasilitas yang akan didapatkan selama mengikuti pendidikan antara lain

  1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya sampai program selesai
  2. Tunjangan hidup per bulan sebesar ¥117.000
  3. Tiket pesawat PP satu kali Indonesia-Jepang dan Jepang-Indonesia
  4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar
  5. Tanpa ikatan dinas

Bagi Anda yang ingin mendaftar silakan lakukan registrasi terlebih dahulu melalui link berikut https://daftar.beasiswamext.com/. Untuk informasi selanjutnya Jepang MEXT 2024 dengan membuka laman berikut ini https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *