Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jepang akan Mengambil Kebijakan Fleksibel Terkait Masuknya Warga Asing

Daishiro Yamagiwa

HALO JAPIN. Menteri yang bertanggung jawab pada pandemi Jepang, Daishiro Yamagiwa mengatakan akan menyarankan aturan terkait pelonggaran warga asing masuk ke Jepang. Menurutnya pemerintah akan menanggapi secara “fleksibel” mengenai pembatasan masuk bagi warga negara asing.

Hal ini terungkap ketika sesi komite Majelis Rendah tentang apakah pemerintah sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan orang asing, termasuk trainee teknis, masuk ke negara itu?
Yamagiwa mengatakan pemerintah sudah mempertimbangkannya. Bahkan ia bahwa kerangka dasar yang sekarang ada akan dipertahankan setidaknya sampai akhir tahun. Dilaporkan juga bahwa pemerintah akan menghadirkan kebijakan yang mencakup apakah akan melonggarkan larangan masuk paling cepat minggu depan.

Anggota Partai Demokrat Liberal Yoshiaki Wada, anggota Dewan Perwakilan Rakyat mempertanyakan pemerintah yang terus menutup perbatasannya bagi orang asing Jumat ini. “Maukah Anda mempertimbangkan secara positif tentang membawa sumber daya manusia luar negeri seperti peserta pelatihan luar negeri (pemagang asing) ke Jepang di masa depan?”

“Dari kesimpulan, kami sudah mempertimbangkannya. Kami berbicara tentang mempertahankan kerangka antisipasi corona ini hingga akhir Februari 2022. Karena ini adalah kerangka, ada ruang untuk berbagai kemungkinan, dan kami akan dapat merespons secara fleksibel barulah minggu depan kami ungkapkan,” tambah Menteri Penanggulangan Corona Baru, Daishiro Yamagiwa.

Mengenai langkah-langkah perbatasan yang telah ditetapkan pemerintah sebagai batas waktu pada akhir bulan ini, Menteri Yamagiwa mengatakan, “Kami sedang dalam arah memperluas masuknya orang asing, yang kami anggap penting selama ini bagi negeri ini,” tekannya.

Oleh karena itu Yamagiwa menyatakan sikap positif terhadap mitigasi. Pemerintah diperkirakan akan mengumumkan kebijakan tentang langkah-langkah mitigasi untuk tindakan perbatasan ini paling cepat minggu depan.

Sebelumnya pada hari Kamis, Taro Kono, mantan menteri vaksin dan pejabat kunci Partai Demokrat Liberal, berharap pembatasan ketat perbatasan negara itu dapat dilonggarkan mulai Maret depan.

“Mari berharap karantina akan dicabut pada 1 Maret,” Kono, yang direkrut tahun lalu untuk menjalankan program vaksin tetapi sekarang mengepalai hubungan masyarakat untuk Partai Demokrat Liberal yang berkuasa di Kishida.

“Mungkin tidak, mungkin tidak seperti itu, tetapi penting untuk siap,” tambah Kono, yang telah menggunakan media sosial untuk mengkritik kebijakan tersebut, yang memungkinkan warga dan penduduk asing tetapi sangat sedikit yang lain.***

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *