Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jepang Berikan Penghargaan Untuk Empat Tokoh Indonesia

Ilustrasi bintang jasa

halojapin.com. Pemerintah Jepang memberikan penghargaan bintang jasa kepada empat tokoh Indonesia. Mereka dinilai berjasa dalam mempererat hubungan antara Jepang dan Indonesia. Keempat tokoh tersebut adalah Mantan Menteri Perhubungan dan Menteri ESDM Ignasius Jonan, Politisi senior Golkar Akbar Tandjung dan Wakil Ketua MPR Sjarifudin Hasan dan Joshie Karyadi Halim.


Menurut Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, anugerah yang diberikan oleh pemerintah diserahkan di Tokyo dan Jakarta. “Hari ini Pemerintah Jepang memberikan anugerah kepada beberapa tokoh dari berbagai negara dan dari Indonesia ada tiga yang langsung menerima ke Tokyo dan ada satu orang yang diserahkan di Jakarta,” katanya. Adapun keempat tokoh tersebut diberikan anugerah Bintang Jasa untuk Musim Gugur Tahun 4 Reiwa/Tahun 2022 The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star.

Keempat tokoh tersebut adalah Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan, mantan Ketua DPR RI yang juga politisi senior Partai Golkar Akbar Tanjung, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan serta Wakil Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Jepang Jawa Timur / Wakil Ketua Pembina Yayasan Pemeliharaan Sekolah Jepang Surabaya Joshie Karyadi Halim.

Menanggapi penghargaan ini Akbar Tandjung mengatakan bahwa hal tersebut menjadi gambaran akan hubungan baik antara kedua negara. Akbar Tandjung mendapatkan Bintang Tanda Jasa Grand Cordon of the Order of the Rising Sun menyebut bahwa hubungan tersebut harus dipelihara dan terus ditingkatkan.
“Kita jaga, pelihara, kembangkan ke depan dalam rangka erat hubungan kita di masa yg akan datang,” katanya.

Mantan ketua DPR-RI ini ketika menjabat dinilai telah meningkatkan pertukaran di bidang politik di tingkat tinggi antara kedua negara melalui interaksi aktif dengan para pemimpin Jepang, dan khususnya memberi andil besar dalam melancarkan kerja sama serta mendorong saling pengertian antara kedua negara pada masa pascakrisis keuangan Asia.

Sementara itu Sjarifuddin Hasan yang memperoleh Bintang Tanda Jasa: The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star berkontribusi bagi peningkatan hubungan antara Jepang dan Indonesia di bidang politik dan ekonomi.

Selama menjabat Sjarifuddin Hasan telah memberikan kontribusi pada peningkatan hubungan Jepang-Indonesia, terutama saat menjabat sebagai Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah sejak 2009 hingga 2014 dan sebagai anggota Grup Kerja Sama Bilateral (GKSB) Parlemen Indonesia – Jepang sejak 2015.

“Penghargaan ini sangat luar biasa. Banyak yang harus kita pelajari. Kita berharap dapat melanjutkan kerja sama dengan Jepang terutama bidang politik dan ekonomi,” kata Sjarifuddin.

Sedangkan Ignasius Jonan dianugerahi Bintang Tanda Jasa: The Order of the Rising Sun, Gold and Silver Star. Ia berkontribusi bagi peningkatan hubungan Jepang-Indonesia di bidang energi dan sumber daya mineral serta bidang transportasi dimana mengupayakan peningkatan impor kereta api bekas dari Jepang.

Saat menjadi Menteri Perhubungan, Jonan juga memilih Patimban menjadi pelabuhan baru dengan bermitra bersama Jepang dalam pengembangan pelabuhan baru dan menetapkan dasar kebijakan agar pelabuhan tersebut dikelola dalam bentuk manajemen patungan Jepang-Indonesia.

Terakhir adalah Joshie Karyadi Halim yang mendapatkan Bintang Tanda Jasa: The Order of the Rising Sun, Silver Rays karena berkontribusi bagi peningkatan kesejahteraan komunitas Jepang di Indonesia serta persahabatan antara Jepang dan Indonesia sebagai Wakil Ketua Badan Pengurus East Jawa Japan Club (EJJC).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *