Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Jinki Robot Besar yang Mampu Mengangkat Benda Berat dengan Tangannya

Robot Jinki (Sumber foto : The Yomiuri Shimbun)

HALO JAPIN. Sebuah perusahaan Jepang di prefektur Shiga membuat sebuah robot yang mampu mengangkat benda berat. Robot bernama Jinki ini memungkinkan operatornya mengangkat sebuah benda berat seperti manusia mengangkat benda dengan tangannya sendiri.


Melalui teknologi realitas virtual, robot yang mempunyai beban seberat 450 kilogram ini diklaim mampu melakukan tugas berbahaya seperti melakukan pekerjaan di tempat tinggi hingga melakukan inspeksi dan pemeliharaan kabel rel kereta api. Cara kerjanya juga praktis. Cukup dengan pada derek robot ini akan bekerja sesuai dengan perintah. Adanya perlengkapan realitas virtual membuat operator lebih mudah menjalankan robot tentang benda apa yang sedang diangkat.

Robot yang diberi nama Jinki ini adalah produk teknologi yang sedang dikembangkan oleh Man-Machine Synergy Effectors, Inc., di Kusatsu yang ada di Prefektur Shiga. Namun perusahaan tidak memiliki pabrik untuk memproduksi robot. Perusahaan ini ternyata hanya tetapi mendapatkan uang dari royalti paten dan biaya lainnya, dengan berkolaborasi dengan perusahaan dan entitas lain yang ingin menggunakan robotnya.


Menurut Kanaoka Hasake, pimpinan Man-Machine Synergy Effectors, Inc., mengatakan bahwa pengembangan robot baru dimulai setelah West Japan Railway Co. Perusahaan kereta tersebut berkonsultasi dengan dirinya tentang penggunaan robot untuk dalam mencegah kecelakaan kerja seperti pekerja jatuh dari kabel di atas kepala atau menerima sengatan listrik selama pemeliharaan. “Kami ingin menghilangkan kerja keras fisik melalui robotika,” kata Kanaoka yang memulai perusahaannya sendiri pada tahun 2007 ini.

Kanaoka yang profesor tamu di Universitas Ritsumeikan mengatakan bahwa meskipun dia telah melihat banyak robot industri di Jepang, dia mulai bertanya-tanya mengapa teknologi itu tidak digunakan untuk menyelamatkan nyawa setelah Gempa Besar Jepang Timur tahun 2011. Saat ini perusahaan miliknya sedang melakukan demonstrasi robot baru, dengan tujuan agar produk robot tersebut dapat digunakan pada musim semi 2024.

Man-Machine Synergy Effectors, Inc. adalah perusahaan juga mengembangkan robot yang lebih besar yang berjalan dengan dua kaki. Produk ini bertujuan untuk memperluas fungsinya untuk inspeksi terowongan dan jembatan. Nantinya robot tersebut, termasuk robot berjalan dengan ketinggian 4 hingga 5 meter akan dipamerkan di Osaka-Kansai Expo 2025. ( Sumber : japannews.yomiuri.co.jp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *