Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

KBRI Jepang Promosi Pendidikan dan Riset Bunkyo Gakuin University Tokyo

Acara promosi pendidikan oleh KBRI Jepang ( foto. dok..kemdikbud.go.id)

HALO JAPIN. Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jepang melakukan proposi kerjasama pendidikan dan riset di Bunkyo Gakuin University Tokyo, Jepang. Diharapkan promosi ini akan menjadikan mahasiswa lebih mengenal tentang Indonesia khususnya dunia pendidikan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Dubes RI di Tokyo Tri Purnajaya  dalam acara penerimaan mahasiswa baru atau nyugakushiki di universitas tersebut.

“Kami bangga, bahwa di bawah program the Road of Eurasian Civilization, mahasiswa didorong untuk bepergian ke luar negeri dan mempelajari pengetahuan, orang, dan budaya baru di belahan dunia lain. Untuk itu, saya sampaikan saat ini bahwa Indonesia saat ini dapat menerima tamu dari negara lain selama memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan Pemerintah RI. Jadi, rencana kunjungan ke Indonesia dalam program yang sudah direncanakan bisa dilanjutkan,” ucap Tri.

Sementara itu Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Yusli Wardiatno merupakan tidak lanjut dari pertemuan sebelumnya. Dijelaskan Atdikbud Yusli, undangan ini merupakan lanjutan kerja sama antara KBRI Tokyo dengan BGU yang berkunjung ke KBRI Tokyo pada awal 2021 dan mengadakan acara Indonesian Embassy Goes to Campus di pertengahan tahun 2021.

Yusli menambahkan bahwa yang diungkapkan Wakil Dubes merupakan kesempatan strategis guna mempromosikan Negara Indonesia di kalangan generasi muda. “Mahasiswa baru sebanyak 460 orang ini, umumnya belum terlalu mengenal Indonesia. Dengan informasi yang disampaikan Wakil Dubes, maka pemahaman akan posisi Indonesia dan Jepang sebagai negara sahabat yang saling menguatkan akan dipahami,” tutur Yusli.

Ia juga meyakini bahwa Indonesia dan Jepang juga memiliki kesamaan dalam visi dan misi perdamaian dunia. “Di antara para mahasiswa ini, boleh jadi akan muncul pemimpin-pemimpin Jepang masa depan. Maka, pemahaman tentang Indonesia sangat penting bagi mereka,” terang Yusli.

Selain itu, Yusli juga menggunakan kesempatan ini untuk membicarakan kembali rencana BGU untuk bermitra dalam kerja sama akademik dan riset dengan universitas di Indonesia yang memiliki program studi bahasa Jepang. “Mereka juga akan membangun kerja sama khusus dengan Universitas Udayana terkait dengan upaya mengelola sampah plastik di pantai dan perairan laut di Bali,” ucap Yusli.

Dalam acara di Bunkyo Gakuin University tersebut ada sekitar 460 mahasiswa baru yang ikut serta. Kedatangan Wakil Dubes Tri disambut Rektor Takashi Sakurai dan memberikan pidato sambutan.  Acara dilangsungkan Tokyo Dome City Hall.  

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *