Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Ketika Anjing Berlibur Naik Shinkansen

Foto dok. kuwaittimes.com

HALO JAPIN. Ada sebuah keunikan di stasiun Ueno di Tokyo. Pasalnya terlihat 21 anjing lucu nampak naik shinkansen menuju ke kota Karuizawa bersama pemiliknya. Perjalanan satu jam dengan kereta peluru ini menjadi menarik, mengingat selama ini anjing tidak pernah dibawa untuk naik kereta.

Dalam kereta kereta cepat yang populer di Jepang ini, anjing bersama pemiliknya bisa menikmati pemandangan. Biasanya para anjing ini harus bepergian dengan kapal pengangkut. Akan tetapi pada hari Sabtu mereka dapat meregangkan kaki mereka dan menikmati pemandangan dengan kereta ekspres khusus yang ramah hewan peliharaan.


Pelancong berkaki empat ini masuk di dalam layanan “liburan anjing” pertama yang dijalankan oleh Japan Railways. Ada beberapa jenis anjing yang ikut serta diantaranya Pomeranian, anjing Terrier, dan Shiba Inu bertelinga runcing. Hewan peliharaan diperbolehkan naik shinkansen tetapi mereka harus disimpan di dalam dudukan, dan berat totalnya termasuk kandang tidak boleh melebihi 10 kilogram.


Gerbong kereta cepat ini khusus hari itu didedikasikan untuk anjing. Program ini adalah sebuah proyek percontohan yang diselenggarakan oleh perusahaan kereta api JR East dan anak perusahaannya JR East Start Up. Pejabat Start Up Shino Furukawa mengatakan bahwa pihaknya ing melakukan program ramah hewan peliharaan yang lebih teratur di masa depan. “Kami telah menerima permintaan dari pelanggan yang ingin bersantai dengan anjing mereka di kereta,” katanya.


Selain itu menurut Furukawa, pihaknya ingin menciptakan lingkungan di mana orang dapat hidup harmonis dengan hewan peliharaan mereka. “Ini adalah langkah besar untuk mewujudkan transportasi umum yang ramah hewan peliharaan,” katanya.

Sementara itu salah satu pemilik anjing mengaku senang dengan program ini. “Kami bersenang-senang,” Yukari Seino, 48, sambil membelai chihuahuanya yang berusia tujuh bulan bernama Chobi.

“Kami sering bepergian bersama, tetapi di masa lalu saya merasa tidak enak karena memelihara anjing saya di dalam sangkar,” tambahnya.

“Kami seperti berada di rumah. Saya senang kami bisa naik kereta tanpa khawatir,” kata Yoko Okubo, 39 tahun, yang ikut dalam perjalanan dengan corgi-nya.

Nah salah satu tantangan dari program ini adalah kebersihan. Kereta Jepang terkenal sangat bersih, dan selalu mempertahankan standar sempurna di dalam kereta. Para staf meletakkan penutup plastik di semua kursi dan membawa empat pembersih udara ke dalam gerbong, yang akan dirapikan setelah perjalanan untuk menghilangkan semua bulu anjing.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *