Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Manusia Tertua di Jepang Meninggal Dunia Pada Usia 116 Tahun

Fusa Tatsumi Orang paling tua di Jepang ( Foto dok. gerontology.fandom.com)

halojapin.com. Orang tertua di Jepang meninggal dunia. Adalah Fusa Tatsumi meninggal dalam usia 116 tahun pada 12 Desember 2023 kemarin. Padahal kerabatnya telah mempersiapkan ulang tahunnya yang ke 117 untuknya.

Tatsumi lahir pada tanggal 25 April 1907. Ia lahir di Prefektur Osaka. Perempuan ini merupakan putri kedua dari enam bersaudara. Pada usia 32, ia menikah dengan seorang petani yang menanam buah persik dan anggur.

Hobi dari Tatsumi adalah membuat rangkaian bunga ikebana. Hasil dari kreasinya itu kemudian menghiasi pintu masuk rumahnya dengan bunga-bunga indah. Kesenangan tersebut ia kerjakan hinga berusia 106 tahun. Tatsumi sendiri dinobatkan menjadi orang tertua di Jepang pada April tahun lalu. Hal tersebut terjadi ketika Kane Tanaka, yang juga merupakan orang tertua di dunia saat itu, meninggal dunia pada usia 119 tahun. Pada September lalu Gubernur Osaka Hirofumi Yoshimura mengucapkan selamat kepada Tatsumi atas umur panjangnya dan memberinya surat ucapan selamat.

“Kami ingin merayakan ulang tahunnya yang ke 117, tapi kami juga bersiap. Dia telah melakukannya dengan baik sampai sekarang sebagai bintang harapan bagi mereka yang menginginkan umur panjang,” kata putra sulungnya, Kanji, kepada The Asahi Shimbun.

Perlu diketahui jumlah orang tua Jepang yang berumur lebih dari 100 tahun sangat banyak. Melansir laman Asahi Shimbun 90.526 orang Jepang merayakan ulang tahun mereka yang ke-100 atau lebih pada 15 September 2022. Jepang kini telah mencatat rekor jumlah orang berusia seratus tahun selama 52 tahun berturut-turut.

Sekitar 89 persen, atau 80.161, dari 100 orang atau lebih pada 15 September adalah perempuan. Ada 4.016 lebih banyak orang berusia seratus tahun tahun dari tahun sebelumnya. Padahal pada tahun 1963, hanya berjumlah 153. Ketika Undang-Undang Kesejahteraan Sosial untuk Lanjut Usia diberlakukan jumlahnya mencapai 10.000 pada tahun 1998. Kemudian meningkat setiap tahunnya, jumlahnya meningkat 1,8 kali lipat selama 10 tahun terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *