Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Masyarakat Jepang Terpukau dengan Busana dan Tarian Minahasa Pada Ajang IJFD Kesennuma

Busana dan tarian asal Minahasa memukau warga Jepang yang hadir di Indonesia Japan Friendship Day 2023 di Kesennuma. (Foto: Dok KBRI Tokyo)

halojapin.com. Parade kesenian dalam rangkaian acara Indonesia Japan Friendship Day (IJFD) 2023 berlangsung di Kesennuma, Jepang berhasil memukau penonton. Acara yang terselenggara pada Minggu (6/8) dalam rangka memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia Jepang. Salah satu daya tarik dalam acara tersebut adalah busana dan tarian Minahasa

Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi menyebut acara Kesennuma Indonesia Matsuri 2023 adalah cermin persahabatan Indonesia dan Jepang. “65 tahun hubungan Indonesia Jepang kita rayakan juga di kota Kesennuma. Tahun ini, selain parade kesenian Bali dan Jawa, kita juga menampilkan kesenian Minahasa. Festival yang sudah berusia 70 tahun itu menjadi cerminan persahabatan Indonesia -Jepang, terutama persahabatan warga kedua negara,”ujar Heri saat membuka acara tersebut.

Sementara itu Walikota Kesennuma, Shigeru Sugawara menyampaikan apresiasi atas dukungan dan partisipasi berkesinambungan Indonesia pada Kesennuma Minato Matsuri (KMM 2023). Ia berharap persahabatan warga Indonesia dan warganya terus terjalin dengan baik.

Kesenian Minahasa yang Memukau

Sekedar informasi pada 5-6 Agustus lalu, tim kesenian dari Minahasa berhasil memukau ratusan warga Jepang yang hadir dalam Parade Indonesia di Kesennuma Minato Matsuri dan YEG Kesennuma Indonesia Matsuri (KMM).

Kesennuma Minato Matsuri (KMM) diselenggarakan setiap tahun di Kota tersebut sejak 1951. Pada mulai 2003 festival tersebut dibuka dengan parade budaya Indonesia diantarana seni barong, ondel-ondel, reog, ogoh-ogoh dan tarian Bali.

Selain Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi, Walikota Shigeru Sugawara ada sejumlah pejabat yang hadir. Terlihat beberapa pejabat KBRi Jepang seperti Koordinator Fungsi Pensosbud KBRI Tokyo Meinarti Fauzie dan Atase Perhubungan Ikhsandy Wanto Hatta> Selain itu ada juga Atase Imigrasi Arya Pradhana Anggakara, dan Diplomat Muda Mukti Romadona Setianto.

Pada kegiatan tersebut KBRI Tokyo juga menggelar pelayanan kekonsuleran dan sosialisasi Pemilu 2024 untuk WNI. Di hari Sabtu (5/8) KBRI juga menggelar sosialisasi kepelautan dan perpanjangan buku pelaut kepada ABK asal Indonesia yang bekerja di tiga unit kapal penangkap ikan Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *