Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Meguro Sanma Matsuri, Festival Bakar Ikan di Tokyo

Suasana festival Meguro Sanma Matsuri( Foto :www.gotokyo.org)

halojapin.com. Meguro Sanma Matsuri atau festival ikan bakar Meguro digelar kembali di Tokyo Japan. Acara ini merupakan salah satu acara festival bakar ikan terbesar yang ada di Jepang. Untuk tahun ini merupakan yang pertama kali diadakan sejak pandemi COVID-19.


Namun acara kali ini ada sedikit berbeda karena penurunan tangkapan saury hanya 1.000 saury yang tersedia, bukan 5.000 saury biasa. Disebutkan bahwa festival ini diambil dari kisah “Meguro no Samma” (Sanma Meguro) yang bermula dari jaman Edo. Dikisahkan ada seorang samurai yang ditawari makan ikan sanma saat singgah daerah Meguro yang sekarang adaTokyo. Ketika ia mencicipi ikan bakar tersebut sang samurai terkesan akan kelezatannya.

Dilansir dari gotokyo.org festival yang didedikasikan untuk sauri Pasifik (ikan yang disebut “sanma” dalam bahasa Jepang) memang sangat populer. Setiap tahun, tempat ini menarik banyak pengunjung. Mereka semuanya berbaris di tepi Sungai Megurogawa untuk mencicipi 5.000 sauri pasifik yang dibakar dengan arang dari Kesennuma, kota saudara Meguro di Prefektur Miyagi. Sauri panggang dihias dengan kabosu, buah jeruk dari Prefektur Oita.


Festival ini juga dikenal dengan jargonnya Kata “Sanma wa Meguro ni Kagiru” (Tak ada yang lebih enak selain ikan sanma di Meguro). Sanma, atau ikan sauri pasifik, di panggang dan disajikan dengan sudachi, jeruk Jepang, dan lobak parut. Saat festival berlangsung biasanya 6000 ikan Sanma yang didatangkan dari beberapa kota lain di Jepang.

Penyajiannya dibakar dan dibagi-bagikan secara gratis kepada pengunjung yang datang. Setiap pengunjung biasanya mendapatkan satu potong ikan Sanma panggang yang dilengkapi dengan perasan jeruk lemon, bumbu lobak, serta kecap asin. (Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *