Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Menara Kapsul Nakagin yang Unik di Tokyo akan Dibongkar

Menara Kapsul Nakagin ( Foto dok. wikipedia)

HALO JAPIN. Menara kapsul Nakagin adalah salah satu landmark kota Tokyo yang terkenal. Dengan desain yang futuristik menara yang berdiri tahun 1972 ini akan dihancurkan. Hal ini disebabkan susut sudut bangunannya mengalami kerusakan parah.


Bangunan yang dirancang oleh arsitek terkenal Kisho Kurokawa mewakili landmark dari gerakan metabolisme. Gerakan tersebut bertujuan untuk menciptakan ruang hidup berkelanjutan yang dapat dibawa oleh orang-orang jika mereka pindah.

Landmark yang puluhan kapsulnya dengan jendela bundar besar dirancang untuk dapat dilepas dan diganti satu per satu. Namun kondisi yang rusak menyebabkan bangunan ini akan dihancurkan mulai April mendatang. Pembongkaran menara kondominium secara resmi diputuskan setelah bertahun-tahun menjadi perdebatan.

Menara Nakagin ini memiliki total 140 hunian tipe kapsul. Bangunan dengan interior seperti pesawat ruang angkasa ini pernah ada dalam film, acara televisi, video musik, dan majalah. Hal inilah yang kemudian menarik banyak pengunjung asing sebelum pandemi.

Meskipun bangunan itu dimaksudkan untuk berkembang dari waktu ke waktu melalui penggantian kapsul, tidak satupun yang pernah diganti. Khawatir dengan kondisi semakin memburuk, diskusi di antara pemilik unit dengan pengelola tentang pembongkaran dan penggantiannya mulai tahun 2000-an. Setiap kapsul, dibangun sebagai sebuah rumah kecil atau kantor. Memiliki luas lantai hanya 10 meter persegi dan dilengkapi fitur tahun 70-an seperti meja lipat dan jam retro.

Melansir dari laman japannews.yomiuri.co.jp sang pemilik berencana untuk mengekstrak beberapa kapsul kubus putih sebelum pembongkaran dimulai pada 12 April mendatang. “Kami belum tahu berapa banyak kapsul yang dapat kami selamatkan, tetapi kami berencana untuk memperbaiki beberapa bagian yang rusak dan memperbaruinya untuk dikirim ke museum, misalnya. Ini bukan akhir yang lengkap untuk bangunan itu, dan saya tak sabar untuk melihat kehidupan baru kapsul,” ujar Tatsuyuki Maeda, yang membeli kapsul pertamanya di menara itu pada tahun 2010.

Bekerja sama dengan Kisho Kurokawa Architect & Associates dan Proyek Pelestarian dan Restorasi Menara Kapsul Nakagin, berencana untuk menyumbangkan beberapa kapsul ke museum atau menggunakannya sebagai fasilitas akomodasi. Sejauh ini, sekitar 80 museum, perusahaan, dan individu Jepang dan asing telah mengajukan untuk mendapatkan kapsul tersebut. ( Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *