Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Menunggu Kejutan dari U-maku Eisa Shinka Indonesia di Kokeshi Japan Jatim Matsuri

U-maku Eisa Shinka Indonesia (Foto : istimewa)

HALO JAPIN. Salah satu yang bakal tampil dalam Kokeshi Japan Jatim Matsuri adalah U-maku Eisa Shinka Indonesia. Kelompok tari Taiko ini telah malang melintang dari festival ke festival. Bahkan telah mendapatkan penghargaan Pendatang Baru Terbaik Pilihan Juri di Worldwide Eisa Festival 2012 yang bertempat di Okinawa, Jepang.


U-maku Eisa Shinka Indonesia berdiri pada tanggal 9 November 2002 di Jakarta. “Bermula dari seperangkat Taiko dan video tutorial yang dihibahkan ke Pepen. Eisa merupakan tarian rakyat Okinawa yang menggunakan Taiko (perkusi tradisional Jepang-red),” ungkap Heti Novela salah satu anggotanya.

Ia berkisah bahwa pada tahun 2006, Pepen beserta 1 orang anggota U-maku dilatih oleh kelompok Eisa di Okinawa selama 1 bulan. Kelompok tersebut bernama Kobudo Taiko Shudan Kajimaai. “ Di tahun 2012, U-maku Eisa Shinka mendapat penghargaan sebagai Pendatang Baru Terbaik Pilihan Juri di Worldwide Eisa Festival 2012 yang bertempat di Okinawa, Jepang. Pepen, Leader U-maku Eisa Shinka diangkat sebagai Worldwide Eisa Ambassador di tahun 2016. Ia bertugas sebagai Juri kategori Anak-anak di Worldwide Eisa Festival 2017,” sambungnya.

Salah satu tarian U-maku Eisa Shinka Indonesia

Di Indonesia, U-maku Eisa namanya sudah dikenal. Kelompok tari ini pernah tampil di berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cilegon, Purwokerto, Semarang, Jogja, Surabaya, Batam, Medan, Padang, Lampung, Pontianak, Banjarmasin, Banjarbaru, Bali, Makassar. Selain di Indonesia, U-maku Eisa juga tampil di Jepang dan Italia. “Sungguh suatu pengalaman yang amat berkesan dapat mengenal berbagai budaya di penjuru dunia,” ungkap Pepen yang satu pendirinya.

Menurut Pepen di Jepang sendiri, U-maku Eisa kerap tampil di Okinawa dan sempat tampil di Tokyo. “Tampil di saat musim semi di Roma dan musim dingin di Padova, Italia merupakan momen yang tak terlupakan,” tambahnya.

Pada awal pandemi, U-maku tidak berhenti berkarya, melainkan menghubungkan kelompok-kelompok Eisa di penjuru dunia melalui Instagram Live bertajuk Eisa Around the World. Saat ini, U-maku Eisa Shinka Indonesia sedang berkolaborasi dengan musisi Jepang, Rio Inyaku di lagu Garuda Ryukyu.

Di Kokeshi Japan Jatim Matsuri, U-maku Eisa Shinka Indonesia akan tampil tanggal 10 September jam 13:35, tanggal 11 September jam 15:20 dan 19:20. Selama 3 kali penampilan U-maku Eisa, akan ada banyak variasi lagu, salah satunya adalah Garuda Ryukyu. Selain itu, U-maku Eisa akan memimpin Bon Odori di akhir acara. Dengan jumlah pasukan 15 orang, U-maku Eisa Shinka Indonesia siap meramaikan Kokeshi Japan Jatim Matsuri. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *