Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Robot Nyokkey, robot yang Mampu Mengantarkan Minuman dan Cuci Piring

Robot Nyokkey sedang mengantar minuman ( sumber foto :event.kawasakirobotics.com)

HALO JAPIN. Sebuah perusahaan Jepang mengembangkan robot yang bisa mengantarakan minuman. Robot eksperimental ini diharapkan menjadi salah satu solusi kurangnya tenaga kerja di Jepang. Dalam demonstrasinya robot Nyokkey mampu terlihat mengetuk dan membuka pintu dan membuka pintu serta mengantarkan minuman.


Nyokkey adalah robot layanan tipe seluler otonom. Robot ini dikembangkan agar dapat bekerja sama dengan manusia untuk melakukan pekerjaan dengan dua tangan diantaranya adalah mengantar minuman dan membersihkan piring di restoran. Selain itu akan dikembangkan untuk pekerjaan pembersihan di gedung-gedung.

Robot yang dikembangkan oleh Works Kawasaki Heavy Industries Ltd. ini mampu mencari ruang tamu berdasarkan pera yang diingatnya. Ia dapat mengenali posisi kenop pintu menggunakan sensor di kepala dan lengannya. Setelah meletakkan nampan minuman ke gerobaknya, robot bisa memasuki ruangan dan berkata, “Ini minumannya.”

Robot Nyokkey membuka pintu yang diketahuinya saat ini, namun perusahaan tersebut tampaknya bertujuan untuk membuat robot tersebut juga dapat membuka pintu yang dilihatnya untuk pertama kalinya. Dengan sensor yang disebut LiDAR robot dapat mengenali lokasinya saat ini. Selain itu, pengenalan objek menggunakan sensor penglihatan digunakan untuk menghindari tabrakan dengan orang demi keselamatan.

Tinggi robot Nyokkey ini adalah 1,5 meter. Adapun beratnya 75 kilogram. Untuk lehernya bisa dapat memanjang ke atas hingga mencapai ketinggian sekitar 1,9 meter. Karena menangani benda buatan ang digunakan oleh manusia, maka robot ini dirancang agak mirip dengan manusia. Robot Nyokkai memiliki dua lengan dengan masing-masing lengan mempunyai tiga jari. Untuk aktifitasnya robot ini berdiri diatas kotak beroda empat hingga memudahkan untuk berjalan.

Pengembangan Nyokkey dimulai pada tahun 2021. PAda pandemi COVID-19 robot Nyokkey dikembangkan sebagai robot patroli untuk mengawasi pasien di rumah sakit. Nyokkey awal adalah berpatroli di kamar rumah sakit untuk pemeriksaan jarak jauh apakah pasien ada dan apakah ada perubahan dalam kondisi mereka.

Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko infeksi bagi staf medis dan untuk mendukung tempat kerja medis yang berada di bawah tekanan.  Selanjutnya robot Nyokkey dirancang dengan asumsi penggunaan yang luas di industri jasa.


Menurut pembuatnya robot Nyokkey diharapkan untuk mengkompensasi atas kekurangan tenaga kerja di Jepang karena penurunan populasi. Industri manufaktur ini telah aktif dalam memperkenalkan robot semacam itu tetapi industri jasa namun belum banyak yang tertarik. Oleh karena itu, Kawasaki Heavy Industries saat ini memulai mengembangkan robot platform yang sangat serbaguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *