Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pemuda Jepang Ciptakan Aplikasi untuk Bantu Pekerja dan Pelajar Indonesia

Aplikasi bernama KapanJepan diharapkan membantu para pemuda Indonesia yang ingin berkarier di negeri tersebut.

halojapin.com. Seorang pemuda Jepang bernama Kaiji Wada membuat sebuah aplikasi yang khusus untuk orang Indonesia. Aplikasi bernama KapanJepan akan membantu para pemuda Indonesia yang ingin berkarier di negeri tersebut.

Kaiji Wada yang juga CEO Career Diversity Inc. mengatakan aplikasi KapanJepan menawarkan solusi karier all-in-one. Aplikasi ini tidak hanya menyasar para pencari kerja saja. Namun juga fokus pada pelajar dan mahasiswa asal Indonesia terutama yang ingin belajar di sekolah bahasa Jepang (nihongo gakkou)..

“Akhir-akhir ini, semakin banyak generasi muda Indonesia yang tertarik untuk mengembangkan diri dengan mencoba hal-hal baru, salah satunya dengan belajar atau bekerja di luar negeri. Lewat platform KapanJepan ini, saya yakin mereka sangat antusias, terutama bagi yang tertarik untuk belajar atau bekerja di Jepang,” ungkap Kaiji.

Dua Layanan Dalam Satu Aplikasi

Kaiji juga menjelaskan KapanJepan mempunyai dua layanan. Ada yang layanan gratis dan ada juga layanan berbayar. Untuk layanan gratis meliputi rekrutmen kerja dan pendaftaran sekolah atau universitas di Jepang. Adapun layanan berbayar adalah untuk konsultasi karier, mentoring akademik, persiapan CV dan wawancara serta latihan berbicara bahasa Jepang dengan penutur jati (native).

Saat ini KapanJepan sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Jepang untuk mengadakan program rekrutmen staf dari Indonesia secara gratis. Bahkan beberapa di antaranya tidak mensyaratkan kemampuan bahasa Jepang.

Berbeda dengan program magang dan SSW (Specified Skilled Worker), peserta yang mengikuti program rekrutmen di KapanJepan akan masuk ke dalam kategori pekerja profesional. Hal ini memungkinkan peserta mendapatkan visa Engineer/Specialist in humanities/International services (Gijinkoku). “Keuntungan status Gijinkoku ini salah satunya adalah mendapatkan gaji dan fasilitas sesuai standar yang berlaku di Jepang,” katanya.

Untuk bidang pendidikan, Kaiji mengatakan aplikasi buatannya mempunyai mentor-mentor terbaik. Mereka akan membantu persiapan masuk ke sekolah dan universitas favorit di Jepang. Dalam aplikasi ini tidak hanya tersedia layanan mentoring, namun juga ada beberapa layanan lainnya, seperti persiapan dokumen hingga latihan wawancara.

KapanJepan juga telah bekerjasama dengan beberapa sekolah bahasa Jepang ternama sehingga para calon siswa dapat mendaftar sekolah bahasa melalui wadah yang kredibel. Selain itu KapanJepan telah menjalin kemitraan dengan beberapa universitas di Indonesia, seperti FT Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, BINUS ASO School of Engineering. Kemudian bekerja sama juga Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Telkom, dan Universitas Hasanuddin.

Untuk itu ia mengharapkan aplikasi tersebut dapat membantu para anak muda Indonesia untuk menyiapkan karier impiannya dari sedini mungkin sebab ia percaya bahwa pendidikan sangat berperan penting dalam menentukan karier seseorang ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *