Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Peneliti Jepang Kembangkan Sinar Laser Untuk Membunuh Ngengat

Ilustrasi sinar laser ( Foto : wikipedia)

halojapin.com. Sebuah alat baru dikembangkan oleh para ilmuwan Jepang. Para peneliti dari Universitas Osaka Jepang menggunakan sinar laser untuk membasmi ngengat yang merusak tanaman para petani. Para peneliti juga bermaksud menerapkan teknologi mereka untuk membasmi kecoa dan lalat.


Dalam potongan videonya, senja sinar laser ini mampu menembak ngengat. “Kami ingin berkontribusi dalam mengatasi kekurangan pangan dengan meningkatkan efisiensi produksi pertanian,” kata Kazuhisa Yamamoto, anggota tim peneliti dari Fakultas Teknik Osaka.

Para peneliti menargetkan ngengat yang sedang terbang dan di dinding, menggunakan kamera dan perangkat lunak pengenalan gambar. Ketika dibidik serangga tersebut kehilangan keseimbangan dan jatuh dan mengeluarkan asap.

Nantinya saat digunakan di bidang pertanian, sinar laser diharapkan diterapkan ke atas untuk mencegah kerusakan pada manusia dan tanaman. Anggota tim juga akan memajukan penelitian untuk secara akurat dengan tujuan untuk menerapkan teknologi ini ke penggunaan praktis pada tahun 2025. Mereka juga berharap untuk melengkapi penyedot debu robotik dan perangkat lain dengan teknologi untuk menghilangkan hama serangga rumah tangga.

Para peneliti mengembangkan teknologi untuk menembak ngengat dengan sinar laser. 
(dok youtube Universitas Osaka)

Ngengat “hasumon yoto”, juga dikenal sebagai cutworm biasa dikenal memiliki nafsu makan yang rakus sehingga daun kubis dipenuhi lubang cacing dalam semalam. Nama Jepangnya berasal dari kata “yoto” (pencuri malam).

Hama ini hidup di bawah tanah pada siang hari, pestisida kimia tidak efektif. Cara membasmi spesies dengan aman menimbulkan tantangan. Diharapkan penemuan ini dalam perkembangannya akan memiliki implikasi luas bagi belahan dunia yang mengalami infestasi serangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *