Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Pesawat Gagal Berangkat Akibat 27 Pesumo Akan Naik Bersamaan

seorang pesumo yangs edang bertanding ( Foro dok. wikipedia)

Pihak maskapai kemudian menyediakan penerbangan tambahan agar pesawatnya tidak melebihi batas beban muatan.

halojapin.com. Ada dua pesawat dari maskapai Japan Airlines (JAL) yang membatalkan penerbangan. Bukan karena ancaman bom atau kerusakan teknis, melainkan kelebihan beban akibat mengangkut 27 pesumo. Pihak maskapai kemudian menyediakan penerbangan tambahan agar pesawatnya tidak melebihi batas beban muatan.

Melansir laman Yomiuri Shimbun ke-27 27 pesumo dengan berat rata-rata 120 kilogram terdaftar sebagai penumpang dalam satu penerbangan yang sama pada maskapai Japan Airline. Para pesumo itu berangkat dengan menggunakan Boeing 737-800 dari Bandara Haneda, Tokyo ke bandara Amami Oshima.

Kekhawatiran muncul mengenai kapasitas bahan bakar timbul dari staf yang mengetahui jika rombongan berada dalam satu pesawat yang sama. Pegulat sumo dengan berat badan rata-rata 120 kilogram, jauh melebihi rata-rata penumpang pada umumnya yaitu 70 kg.

Jika menggunakan pesawat besar bandara tujuan akan kesulitan karena landasan pacu karena tidak bisa menampung pesawat besar. Akhirnya JAL menyediakan pesawat tambahan untuk penerbangan dari Haneda yang juga membawa 14 penumpang lainnya.

“Sangat tidak biasa bagi kami mengoperasikan penerbangan khusus karena pembatasan berat pada pesawat ini,” kata juru bicara JAL kepada surat kabar regional Minami-Nippon Shimbun. Penerbangan tambahan juga disediakan untuk membawa pulang para pesumo setelah turnamen berakhir pada Minggu (15/10/2023). Ini bukan kali pertama pesumo menjadi berita saat naik pesawat. Pada 2014, ada foto viral yang beredar menunjukkan sejumlah pesumo masuk pesawat berukuran kecil.

Sumo adalah olahraga asli Jepang dan sudah dipertandingkan sejak berabad-abad yang lalu. Di beberapa negara tetangga Jepang seperti Mongolia dan Korea juga terdapat olahraga gulat tradisional yang mirip-mirip dengan sumo.

Olahraga unik ini memiliki berbagai upacara dan tradisi unik seperti menyebarkan garam sepanjang pertandingan untuk mengusir bala. Sumo juga memiliki berbagai peraturan khusus yang tentunya berbeda dengan olahraga lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *