Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Robot Populer Asimo akan Dipensiunkan

Foto dok. www.honda-indonesia.com

HALO JAPIN. Asimo sebuah robot humanoid yang populer di dunia akan dipensiunkan pada bulan Maret mendatang. Pihak Honda Motor .co selaku pengembang robot tersebut mengumumkan pemberhentian Asimo namun tidak menutup kemungkinan akan tampil dalam beberapa even.

Robot ini terkenal karena gerakan-gerakannya yang canggih seperti melompat, berlari dan menari. Saat memulai debutnya pada tahun 2000, robot Asimo menarik perhatian dunia.  Robot ini menjadi pusat perhatian karena gerakannya yang mirip manusia dan penampilannya yang lucu.  

Saat in Asimo masih dapat dilihat dan menunjukkan kemampuannya setiap hari di kantor pusat Honda di Minato Ward, Tokyo, dan di National Museum of Emerging Science and Innovation, juga dikenal sebagai Miraikan, di Koto Ward, Tokyo, Jepang.  

Asimo juga sering tampil di luar Jepang. Salah satunya adalah membunyikan bel pembukaan di Bursa Efek New York pada 2002 untuk merayakan ulang tahun ke-25 pencatatan Honda di NYSE. Selain itu pernah tampil sebagai pemimpin orkestra di Amerika Serikat pada 2008.

Pada tahun 2011, Asimo mengalami pengembangan. Robot ini mampu membuat keputusan sendiri, seperti memilih arah mana yang harus dilalui untuk menghindari menabrak orang dengan mengantisipasi arah yang mereka tuju. Sekarang, ia juga bisa melompat dengan satu kaki dan berlari dengan kecepatan 9 kpj.

Asimo diperkirakan akan berhenti menampilkan kehebatannya di Miraikan pada akhir Maret mendatang. Pihak Honda juga sedang mempertimbangkan untuk mengakhiri penampilan Asimo di kantor pusat pada waktu yang hampir bersamaan. Akibatnya, Asimo tidak akan lagi tampil secara reguler.

Pihak Honda telah memutuskan untuk pensiun dari Asimo. Namun pabrikan motor Jepang ini tetap berencana untuk melanjutkan penelitian robotikanya. Seperti diketahui Honda telah menghentikan pengembangan Asimo beberapa tahun yang lalu tetapi sedang mempertimbangkan untuk mempertahankan robot tersebut untuk digunakan dalam pameran, sebagai maskot atau untuk tujuan lain semacam itu. Perusahaan ini juga bermaksud untuk terus menggunakan Asimo untuk penelitian lebih lanjut, seperti mengembangkan robot yang lebih canggih. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *