Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Sepanjang 2023 Maluku Ekspor Ikan Tuna Ke Jepang Sebanyak 616 Ton

Total nilai ekspornya mencapai 5,2 juta dolar Amerika. Angka tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibanding tahun sebelumnya.

HALOJAPIN.COM. Sepanjang tahun 2023, Maluku mengekspor sebanyak 616 ton tuna kelas A ke Jepang. Total nilai ekspornya mencapai 5,2 juta dolar Amerika. Angka ekspor ikan tuna tersebut mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari tahun tahun sebelumnya.

Kepala Balai Pengawasan dan Pengendalian Mutu dan Hasil Kelautan dan Perikanan (BP2MHKP) Ambon Muh Hatta Arisandi mengatakan ikan tuna peringkat A asal Maluku memang menjadi primadona di pasar lelang Jepang. Di negeri Sakura itu ikan tuna asal Maluku kemudian menjadi bahan baku untuk sashimi.

Ikan tuna peringkat A asal Maluku menjadi primadona pasar Jepang. Oleh karena itu, pihaknya memastikan mutu komoditas tersebut tetap terjaga mulai dari tangkapan nelayan hingga sampai ke tangan konsumen di Jepang.

“Kami tetap menjaga kualitas dengan menjaga tuna pada suhu dingin agar mencegah perkembangan bakteri. Selain itu petugas kami juga memastikan mutu melalui sertifikat uji kelayakan yang dikeluarkan,” ungkapnya.

Peningkaran Ekspor Ikan Tuna Maluku

Saat ini, lanjut Hatta proses pengiriman ikan tuna tersebut lebih cepat. Hal ini karena tidak lagi memakai kapal melainkan melalui Bandar Udara Pattimura Kota Ambon. Hal ini juga menjadi salah satu uaoya menunjang peningkatan mutu dari komoditas tersebut. “Kalau dulu proses pengiriman sampai 13 jam sekarang sudah bisa lebih cepat menjadi delapan jam. Hal ini juga salah satu upaya untuk menjaga mutu,”ungkapnya.

Data BP2MHKP Ambon menyebutkan nilai ekspor perikanan Maluku mencapai 60 juta dolar AS pada 2023. Hatta menyebutkan volume ekspor komoditas perikanan hidup pada periode Januari sampai Desember 2023 tercatat sebanyak 400.232 ekor. Angka ini meningkat dari periode yang sama tahun 2022 sebanyak 231.600 ekor. “Pada 2023 meningkat sebesar 72,81 persen dibanding tahun 2022,” katanya.

Volume ekspor komoditas perikanan non-hidup pada Januari sampai Desember 2023 sebanyak 11.276.427 kilogram. Angka tersebut mengalami meningkat sebesar 7,37 persen dengan periode yang sama pada tahun 2022 yaitu sebanyak 10.502.091 kilogram.

Ia menambahkan, komoditas perikanan Maluku periode Januari sampai Desember 2023 diekspor ke 14 negara, yaitu China, AS, Jepang, Hong Kong, Vietnam, Australia, Malaysia, Thailand, Singapura, Belanda, Filipina, Kanada, Korea Selatan, dan Arab Saudi. “Sedangkan lima negara tujuan ekspor perikanan terbesar dari Maluku, yaitu China, AS, Jepang, Hong Kong, dan Vietnam,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *