Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Seperempat Abad Film Pokemon Tayang di Televisi

Film manga Pokemon telah tayang di televisi 25 tahun. (foto twitter @pokemon)

HALO JAPIN. Penayangan serial film Pokemon di televisi telah memasuki seperempat abad. Anime yang mendunia ini ditayangkan pertama kalinya pada 1 April 1997 di TV Tokyo. Dalam perayaannya ke 25 tahun. Pokemon merilis kembali video yang menggambarkan perjalanan pelakon utama Ash dan teman-temannya.


Dalam tayangan perayaan 25 tahun ini, Ash kembali ke wilayah Kalos favorit penggemar anime di episode spesial “Pokémon Journeys” berdurasi satu jam pada 1 April lalu, dengan Bonnie dan Clemont membuat reuni yang telah lama ditunggu-tunggu dengan Ash dan Goh.

Netflix merilis serial film Pokemon di Amerika Utara. Saluran film ini mengunggah serial dengan berjudul “Pokémon Master Journeys”, pada 21 Januari dengan 86 episode dari total 101episode yang saat ini disiarkan di Jepang. Konten tersebut saat ini tersedia dalam bahasa Inggris. Episode berikutnya akan dirilis pada Maret 2022, meskipun belum ada tanggal yang dikonfirmasi sampai sekarang.


Film anime Pokemon sempat terhambat pada bulan Desember 1996 ketika sebuah episode yang menampilkan Porygon yang diserang oleh Pikachu menyebabkan lebih dari 600 anak-anak Jepang mengalami kejang. Namun serial ini menyapa kembali para pemirsa setianya pada April 1998. Pada tahun 2000 ketika COVID mulai marak, menyebabkan produksinya dihentikan. Akibatnya penayangan film ini ditunda.

Dilansir dari laman antarnews.com serial yang telah berjalan lama ini disebut telah berpengaruh pada animasi di seluruh dunia. Aslinya, serial ini hanya memiliki satu judul saja, yaitu Pokémon, tetapi setelah franchise Pokemon diperluas dan diperlebar jalan ceritanya, maka dibuatlah dua serial lagi yang berjudul Pokémon: Advanced Generation dan Pokémon Diamond & Pearl, di mana kedua serial tadi masih ada kaitannya satu sama yang lain dengan versi original.

Satu versi lagi, yaitu Pokemon Chronicles atau dikenal di Jepang dengan nama Pokemon Sunday (versi aslinya Shūkan Pokémon Hōsōkyoku) adalah sebuah serial dengan cerita tentang beberapa karakter tambahan yang biasa muncul dalam serial Pokémon yang utama, dan juga highlights dan preview tentang episode Pokemon berikutnya.

Laman Wikipedia menulis bahwa versi bahasa Inggris dari Pokemon diproduksi oleh Alex and Matt Productions. Sedangkan distributor film ini berganti-ganti mulai dari Warner Bros., Nintend, Miramax Films hingga Buena Vista Distribution.

Untuk film Pokemon dalam bahasa Jepang disutradarai oleh Kunihiko Yuyama, Adapun untuk versi bahasa Inggrisnya oleh Norman J. Grossfeld dan Michael Haigney pada delapan season pertama. Kemudian mulai season sembilan, serial Pokémon untuk kawasan luar Jepang diambil alih pendistribusiannya oleh The Pokemon Company yang kemudian membuat anak perusahaan bernama Pokémon USA dan TAJ Productions. Kemudian TAJ digantikan oleh DuArt Film and Video mulai film ke 10 dan serial season 11.

Di Indonesia sendiri, serial Pokémon mulai masuk tahun 2001 yang ditayangkan di SCTV. Setelah itu diambilalih oleh Indosiar. Padat tahun 2015 disiarkan oleh MNCTV, dan akhirnya pada tahun 2020 disiarkan oleh RTV. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *