Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Tim Inggris Memenangkan Kejuaraan Dunia Spogomi 2023 di Shibuya

Tim dari Inggris berhasil memenangkan kejuaran Spogomi dunia tahun 2023. Acara yang berlangsung di daerah Shibuya Jepang ini diikuti 63 tim dari 21 negara.

halojapin.com. Tim dari Inggris berhasil memenangkan kejuaran Spogomi dunia tahun 2023. Acara yang berlangsung di daerah Shibuya Jepang ini dengan peserta 63 tim dari 21 negara. Distrik Shibuya Tokyo tanggal 22 November ini menjadi tempat perhelatan akbar olah raga yang ramah lingkungan ini.

Dalam “olahraga” yang berasal dari Jepang ini, tim yang terdiri dari tiga orang. Mereka berlomba mengumpulkan sampah di tempat umum dalam jangka waktu tertentu. Tim akan mendapatkan poin tergantung pada jumlah dan jenis sampah yang dikumpulkan.

Sebanyak 63 tim dari 21 negara ikut andil dalam acara ini. Adapun tim yang bertanding dalam kejuaraan kali ini antara lain India, Brasil, Amerika Serikat, Spanyol, dan Maroko, mengikuti Piala Dunia. Tim Inggris menempati posisi pertama.

Sebelumnya ajang piala dunia spogomi, olah raga juga terlenggara di seluruh Jepang dari bulan April hingga September. Secara keseluruhan ada 1.221 tim berpartisipasi dan mengumpulkan sekitar 4.500 kilogram sampah. Sedangkan di luar Jepang ada ajang pendahuluan juga di 20 negara. Ada 543 tim berpartisipasi dan berhasil mengumpulkan total 3.900 kg sampah.

SpoGomi adalah olah raga yang tergolong baru. Uniknya olah raga ini berhubungan dengan sampah. SpoGomi merupakan kombinasi ‘olahraga’ dan memungut sampah. Spo adalah plesetan dari sort atau loah raga dan ‘gomi’ yang berarti sampah dalam bahasa Jepang.

Spogomi yang Semakin Populer

Di Jepang sendiri SpoGomi telah menjadi kompetisi yang populer. Satu tim dalam SpoGomi ini terdiri dari 3-5 orang. Mereka berlomba untuk memungut sampah paling banyak dengan kualitas terbaik. Dalam aturannya olah raga ini memakai jangka waktu tertentu.

Setiap tim memiliki waktu 60 menit untuk mengumpulkan sampah dari area yang telah tertentu. Tim kemudian bergerak dan mencoba memilahnya dengan benar ke dalam kantong yang telah ada kode warnanya. Pada setiap kantong ada jenis sampa misalnya limbah yang bisa dibakar. Kemudian samplastik yang bisa didaur ulang, kaleng logam dan sebagainya.

Setelah waktu habis, sampah tersebut kemudian ditimbang dan diperiksa untuk penyortiran yang tepat. Pemenangnya adalah tim yang berhasil mengumpulkan sampah terbanyak. Namun jika terjadi jumlah yang sama maka pemenang penentuannya dengan melihat kualitas sampah, dengan poin berdasarkan jenis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *