Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Unhas dan Niigata University Sepakat Lanjutkan Kerjasama Peningkatan Pendidikan

Pertemuan antara delegasi Niigita Univerity dengan Univeritas Hasanuddin (Foto ist)

Dalam pertemuan tersebut kedua perguruan tinggi membahas kerjasama pendidikan. Salah satu yang menjadi kesepakatan adalah kerjasama pertukaran mahasiswa.

HALOJAPIN.COM. Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makasar menerima kunjungan delegasi dari Niigata University. Dalam pertemuan tersebut kedua perguruan tinggi membahas kerjasama peningkatan pendidikan. Salah satu yang menjadi kesepakatan adalah kerjasama pertukaran mahasiswa.

Pertemuan yang berlangsung pada Jumat (1/3) ini akan memperkuat hubungan bilateral dan menciptakan inisiatif baru dalam peningkatan pendidikan dan penelitian. Menurut Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Keperawatan Unhas Syahrul Said S Kep Ns MKes PhD, mengatakan tujuan utama kunjungan delegasi Niigita Univerity adalah melaksanakan implementasi kerja sama khususnya pertukaran mahasiswa. Selain itu pertemuan tersebut juga membahas kerjasama dalam kegiatan kuliah tamu.

Kemudian Said mengungkapkan bahwa Fakultas Keperawatan Unhas dan Niigata University of Health and Welfare telah mengembangkan program Student Exchange dan Visiting Lecturer. Harapannya dengan adanya program ini akan memberikan manfaat besar bagi kedua belah pihak. Salah satunya adalah dalam pengembangan akademik dan pengalaman internasional bagi mahasiswa dan dosen.

Kerjasama Peningkatan Pendidikan

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas Prof Dr Eng Adi Maulana M Phil, mengatakan Niigata menjadi salah satu mitra strategis Unhas dalam melaksanakan program pendidikan. Salah satunya adalah program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang memberikan kesempatan belajar selama satu semester di Jepang. “Dengan semangat kolaboratif, kami berharap kunjungan ini akan memperkuat hubungan bilateral dan menciptakan inisiatif baru dalam bidang pendidikan dan penelitian,” katanya.

Pada kesempatan Delegasi dari Niigata University Fusayo Kobayashi, RN PHN PhD, mengapresiasi kerja sama tersebut. Sekedar informasi pada November 2023, Tim Fakultas Keperawatan Unhas juga melakukan kunjungan ke Niigata University of Health and Welfare, Jepang. Kunjungan tersebut dalam rangka evaluasi dan perpanjangan kerja sama penelitian.

Seperti diketahui Fakultas Keperawatan Unhas pada 2023 lalu berhasil menjalin kolaborasi dan menyambut lima mahasiswa inbound dari Niigata University of Health and Welfare. Program pertukaraan ini berlangsung selama seminggu, dan empat dosen inbound dalam program Visiting Lecturers.

Selain itu ada studi kolaboratif telah berlaku untuk tahun 2024 ini. Kedua belah pihak sepakat melanjutkan kerja sama dalam bidang penelitian dalam bidang akademik dalam program Outbound dan Inbound students. Selain itu juga dalam program Visiting Lecturer oleh Prof Masayoshi Kubo, Ph.D bidang Fisioterapi.

Pihaknya berharap kerja sama kedua perguruan tinggi itu dapat bertahan lama dan mendukung Unhas untuk memenuhi kriteria World Class University, khususnya dalam hal indikator reputasi akademik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *