Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Unhas dan Universitas Toyama Jepang Sepakati Kerjasama Bidang Kedokteran

Pertemuan Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa dengan pihak Toyama University ( Foto dok ANTARA/HO-Unhas)

halojapin.com. Kerjasama bidang kedokteran disepakati antara Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Universitas Toyama Jepang. Pemilihan kerjasama dengan kampus Toyama karena terkenal maju dalam kajian kedokteran dan farmasi

Menurut Rektor Unhas Prof Dr Jamaluddin Jompa MSc dalam keterangannya menyebut banyak alumni Unhas yang meneruskan kuliah di Universitas Toyama. “Banyak alumni dari Universitas Toyama menduduki posisi strategis di Unhas dalam pengembangan ilmu dan berbagai penelitian bertaraf internasional,” ungkapnya.

Kersajama ini disambut baik Universitas Toyama. Pihak civitas akademikanya sangat antusias untuk menerima pertukaran mahasiswa atau dosen Unhas yang ingin melanjutkan studi di Toyama. “Sudah sekitar 10 tahun Toyama tidak menerima mahasiswa dari Indonesia karena masalah ketersediaan beasiswa,” kata Jamaluddin Jompa.


Menurut Rektor berbagai peluang beasiswa dari LPDP dan yang lainnya memungkinkan Unhas bisa kembali mengirim mahasiswa dan dosen untuk belajar studi lanjut di Universitas Toyama.


Sementara itu Rektor Universitas Toyama Prof Shigeru Saito mengungkapkan pihaknya akan melihat kemungkinan untuk mengirim mahasiswa dari Toyama belajar di Unhas. “Karena itu kami berharap kiranya kerja sama yang positif ini dapat terus berkembang,” ujar Saito.


Universitas Hasanuddin atau Unhas, berdiri 10 September 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula ada Baraya atau Kampus Barayya.

Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas. Sejak tahun 2022, terdapat 16 fakultas di Universitas Hasanuddin. Saat ini telah beroperasi, kampus baru Unhas yang terletak di bekas pabrik kertas Gowa. Penggunaannya sejak tahun 2006 walaupun masih dalam tahap renovasi dan pembangunan gedung dan pengadaan fasilitas.


Universitas Hasanuddin memasuki tantangan sekaligus harapan yang baru. Pasalnya Unhas mulai menjalankan penuh statusnya sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Unhas telah menguji coba sistem tersebut bersama belasan PTN lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *