Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Unismuh Makasar dan KIT Jepang Teken Kerjasama

Penandatanganan kerjasama anatara Unismuh Makassar dan KIT Jepang ( Foto news.unismuh.ac.id)

Unismuh teken kerjsama dalam bidang pendidikan, penelituan dan kolabirasi akademik

halojapin.com. Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar dan Kanazawa Institute of Technology (KIT) melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Hal itu terungkap dalam penandatanganan MoU berlangsung di Kampus Kanazawa Institute of Technology (KIT) di Kanazawa, Jepang, Jumat, waktu setempat.

“MoU ini bertujuan untuk memperkuat hubungan antara kedua lembaga dalam berbagai aspek, termasuk pertukaran mahasiswa dan dosen, penelitian bersama, dan kolaborasi akademik lainnya,” ujar Ketua Badan Pembina Harian (BPH) Unismuh Makassar, Prof Gagaring Pagalung dalam keterangan tertulisnya.

Kedua lembaga pendidikan tinggi ini berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi serta mempromosikan pemahaman lintas budaya. Menurut Pagalung kerja sama itu adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Unismuh Makassar. “Kami berharap bahwa MoU ini akan membawa manfaat besar bagi kedua institusi dan juga bagi dosen dan mahasiswa kami,” ucapnya.

Harapan dari Unismuh

Penandatanganan MoU ini merupakan langkah awal yang menjanjikan dalam menghadirkan lebih banyak peluang pendidikan dan penelitian yang bermanfaat bagi kedua institusi. Kedua pihak berharap bahwa kerja sama itu akan berlanjut dan berkembang dengan baik di masa depan.

Sekedar informasi Universitas Muhammadiyah Makassar, Unismuh Makassar, adalah salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah. Univeritas ini p ada tanggal 5 September 1962, dengan Fakultas Ilmu Penelitian. Pada tahun 1966 – 1967, Universitas Muhammadiyah Makassar memindahkan Pusatnya ke Makassar.

Dalam perkembangannya univeritas ini memulai pembinaannya dengan dua Fakultas yakni Fakultas Ilmu Pendidikan. Kedua Fakultas tersebut membuka cabang berbagai Kabupaten di Sulawesi Selatan. Untuk cabang Fakultas Ilmu Pendidikan ada di Kabupaten Bone, Bulukumba, Sidrap, Enrekang, dan kotamadya Pare – pare.

Sedangkan Fakultas Tarbiyah di Kabupaten Jeneponto, Sinjai, Enrekang, Maros, dan Pangkep. Di Kotamadya Makassar, membuka Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial dan Politik. Untuk tetap bersaing di pasar kerja Unismuh Makassar menggunakan tenaga dosen Yayasan dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri. Status mahasiswa adalah pegawai negeri yang sudah bekerja dan mahasiswa murni. Hingga saat ini Unismuh telah meluluskan ribuan mahasiswanya dari S1 hingga S3.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *