Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Warga Jepang Ikut Rayakan Hari Batik Nasional di Yokohama

HALO JAPIN. Ikatan pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Jepang mengadakan kegiatan peragaan busana batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional. Acara yang berlangsung di Taman Yamashita, Yokohama itu tidak hanya diikuti oleh orang Indonesia tetapi juga orang Jepang.


Ketua IPEMI Jepang Sari Okano mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Indonesia khususnya batik. Selain itu menurut Sari, ajang ini dijadikan sebagai silaturahmi bagi sesama anggota dan warga negara Indonesia (WNI) di Jepang. “Tujuannya untuk kita mengenalkan budaya Indonesia kepada orang Jepang dan juga mereka bisa mengetahui tentang batik,” katanya.

Dalam acara tersebut peserta yang mengenakan pakaian dan aksesoris batik berbaris dan berkeliling di Taman Yamashita sembari bergaya memamerkan busana masing-masing. Yang menarik ada sejumlah warga negara Jepang turut serta dalam kegiatan tersebut.

Salah satu dari mereka, Hiroshi Shimizu, mengaku datang bersama keluarganya dari Prefektur Yamanashi untuk menghadiri kegiatan tersebut. “Senang sekali, cuaca juga mendukung. Alhamdulillah, jadi semua bahagia. Ibu-ibunya juga senang sekali, stresnya bisa hilang, senang begitu,” katanya dalam bahasa Indonesia yang lancar.


Sementara itu, warga Jepang lainnya, Yamashita Tomomi, mengatakan bahwa itu kali pertama ia mengetahui Hari Batik Nasional. Namun, dia mengaku sudah menyukai batik sejak salah seorang temannya memberikan suvenir yang terbuat dari kain batik. “Saya dapat ini (suvenir) dari teman dan saya suka. Saat saya tanya ini kain apa, teman saya bilang itu batik,” katanya.

Tomomi mengaku senang bisa bergabung dengan kegiatan yang sudah kali ketiga digelar oleh IPEMI itu. Dia juga ikut serta dalam penampilan tarian tradisional khas Sunda dan memamerkan batik dalam peragaan busana.( Sumber : antaranews.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *