Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Budaya  

Festival Penangkapan ‘Tsuchinoko’ Mahluk kecil yang Legendaris

Bentuk hewan Tsuchinoko ( Foto : wikipedia)

halojapin.com. Sebuah acara unik akan berlangsung di ¬†Higashishirakawa, Prefektur Gifu tepatnya. Acara bernama Tsuchinoko Fest 2023 akan memberikan hadiah senilai 1,31 juta yen atau sekitar $10.000. Nah acaranya adalah menangkap makhluk bernama “tsuchinoko”, yang bentuknya mirip ular yang tetapi sulit ditangkap bahkan sampai sekarang belum ditemukan.


Acara yang akan dilaksanakan 3 Mei tahun ini dimulai tahun 2019. Tsuchinoko adalah hewan yang sampai saat ini belum pernah bisa dibuktikan namun diyakini adanya. Bentuknya seperti ular namun berperut gendut mirip botol atau pin boling dengan ekor yang kecil mirip ekor tikus. Hewan ini dilaporkan pernah “dilihat” saksi mata di berbagai tempat di Jepang, kecuali di Hokkaido dan Kepulauan Ryukyu. Hingga kini, tsuchinoko belum pernah berhasil ditangkap orang karena saksi mata menjadi takut, atau hewan ini lebih dulu melarikan diri.


Nama “Tsuchinoko” berasal dari nama lokal untuk “hewan” ini menurut penduduk daerah Kansai (Kyoto, Mie, Nara, dan Shikoku). Di daerah Kanto, penduduk menyebutnya sebagai bachihebi. Beberapa pemerintah daerah di Jepang menawarkan hadiah uang dalam jumlah besar bagi orang yang berhasil menangkaphewan unik tersebut. Hadiah uang sebesar 100 juta yen pernah ditawarkan kota Itoigawa, Niigata. Tsuchinoko memiliki panjang sekitar 30 hingga 80 sentimeter.

Tsuchinoko Fest mulai diluncurkan pada tahun 1989 dengan dengan total hadiah 1 juta yen (sekitar $7.600). Festival tersebut kemudian berkembang menjadi acara besar di desa tersebut pada tahun 2019 sebelum pandemi. Bahkan 4.000 orang ikut serta dan jumlah ini melebihi populasi penduduk setempat yang berjumlah 2.240.


Tahun ini peserta akan dibagi menjadi tiga kelompok. Mereka akan dikawal oleh pemandu lokal untuk menangkap hewan tersebut. Acara lainnya adalah perburuan harta karun di mana peserta akan memenangkan makanan khas setempat dan hadiah lainnya untuk menemukan chip bertanda tsuchinoko di antara serpihan kayu yang mengisi kolam.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *