Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Ada 11 Kota di Jepang yang Selenggarakan Indonesia Friendship Day

Foto : antara/HO KBRI Jepang)

halojapin.com. Ada 11 kota di Jepang yang menjadi tempat berlangsungnya Indonesia Friendship Day (IFD) selama tahun 2022. Event yang diselenggarakan oleh KBRI Jepang diisi berbagai kegiatan seperti pagelaran budaya, kuliah umum dan lain sebagainya. Penutupan rangkaian IFD berlangsung di Okinawa.

Menurut Wakil Duta Besar RI untuk Jepang John Tjahjanto Boestami IFD dimulai dari Sapporo dan berakhir di Okinawa. Ia menambahkan bahwa tahun 2023 penyelenggaraan acara akan ditingkatkan dan melibatkan lagi banyak pihak dan mitra dari Jepang.

“Dalam rangka 65 tahun hubungan Indonesia–Jepang, rangkaian kegiatan promosi dan pelayanan terpadu ini akan ditingkatkan menjadi Indonesia–Japan Friendship Day (IJFD) dengan melibatkan lebih banyak lagi mitra Jepang,” urar John Tjahjanto Boestami. Ke depan acara ini akan diadakan dengan skala yang lebih besar serta penampilan seni budaya Indonesia yang lebih meriah.

IFD merupakan rangkaian kegiatan promosi perdagangan, pariwisata dan investasi, serta pelayanan publik terpadu KBRI Tokyo yang telah diselenggarakan sepanjang 2022 di 11 kota di Jepang yakni: Sapporo, Osaka, Sendai, Kumamoto, Kesennuma, Mito, Yokohama, Fukuoka, Shizuoka, Toyota dan Okinawa.

Pada IFD di Okinawa, John yang didampingi Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie dan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, bertemu dengan Rektor Universitas Ryukyus, Kishida Mutsumi. Pertemuan tersebut membahas penguatan kerja sama pendidikan Indonesia dan Universitas Ryukyus, terutama di bidang lingkungan dan marine science.

Selain itu KBRI Tokyo juga menggelar pelayanan terpadu kekonsuleran dan pendidikan yang melayani 96 WNI yang tinggal di wilayah Okinawa dan sekitarnya. Dalam pertemuan itu John menyampaikan pentingnya Lapor Diri WNI, terutama untuk memastikan hak pilih pada pemilu 2024 mendatang. Menurut data imigrasi Jepang, terdapat 890 WNI yang berada di Okinawa.

Sementara saat bertemu dengan Wakil Gubernur Prefektur Okinawa, Teruya Yoshimi , John untuk membahas potensi penguatan kerja sama dengan Okinawa serta penjajakan perayaan 65 tahun hubungan bilateral Indonesia-Jepang di wilayah Okinawa.

“Indonesia terus berkomitmen memperkuat kerja sama dengan Prefektur Okinawa. Sejumlah potensi kerja sama ekonomi dan pendidikan dapat dikembangkan antara Indonesia dan Prefektur Okinawa. Okinawa juga merupakan salah satu pengimpor kayu jati dari Indonesia. Kerja sama riset di bidang lingkungan juga perlu diperkuat,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *