Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Akhir Tahun Ini Bus Tanpa Pengemudi Akan Meluncur di Jalanan Jepang

Bus tanpa pengemudi di Jepang ( foto dok. softbank.jp/)

Kendaraan ini akan menjadi sarana transportasi baru sekaligus sebagai solusi kurangnya sopir angkutan di negara tersebut.

halojapin.com. Kalau tidak ada aral melintang, bus tanpa pengemudi akan meluncur di Jepang. Kendaraan ini akan menjadi sarana transportasi baru sekaligus sebagai solusi kurangnya sopir angkutan di negara tersebut.

Pemerintah Jepang sendiri telah menyetujui penggunaan bus canggih ini pada akhir Oktober. Adalah Boldy Inc yang akan mengoperasikan kendaraan dengan peringkat level 4 ini. “Jika kendaraan Level 4 tersedia secara luas, hal ini dapat mengurangi kekurangan tenaga kerja secara signifikan,” kata Yuki Saji, presiden Boldly.

Kendaraan tersebut mampu menampung 11 penumpang dan akan beroperasi hanya pada rute tetap sekitar 800 meter di sekitar Kota Inovasi Haneda, Tokyo. Perusahaan ini berencana untuk secara mengalihkan bus ke Level 4 secara bertahap setelah mendapat izin dari Komisi Keamanan Publik Metropolitan Tokyo dan Departemen Kepolisian Metropolitan.

Selain itu ada juga kendaraan Tier IV Inc..dari Universitas Nagoya. Menurut rencana kendaraan tersebut dapat beroperasi di jalan raya di Sagamihara, Prefektur Kanagawa. Kendaraan ini telah memperoleh persetujuan Level 4 pada bulan Oktober lalu. Kemudian perusahaan yang mengoperasikan bus Level 2 di Kamishihoro, Hokkaido juga berencana untuk mengalihkannya ke Level 4 juga.

Bus Level 4

Sebelumnya larangan pengoperasian kendaraan Level 4 di jalan umum dicabut. Hal itu terjadi setelah ada revisi Undang-Undang Lalu Lintas Jalan pada bulan April. Saat ini, satu-satunya kendaraan Level 4 masih berjalan adalah kendaraan listrik berbasis kereta golf di Eiheiji, Prefektur Fukui. Belum ada bus Level 4 yang beroperasi.

mengutip laman asahi.com, pemerintah Jepang sendiri telah menetapkan tujuan untuk mengotomatisasi bus dan kendaraan lain di lebih dari 50 lokasi di seluruh negeri pada tahun 2025 dan meningkatkan dukungan untuk mengemudi otomatis di berbagai bidang.

Sekedar informasi kendaraan level 4 adalah kendaraan dengan teknologi mengemudi otomatis tanpa tangan manusia di area terbatas. Dengan bus Level 4, pengemudi tidak diperlukan selama ada operator yang memantau kendaraan dari jarak jauh.

Pada kendaraan level 4 tidak memerlukan pengemudi sama sekali pada bangku sopir. Namun sistem otomatisasi di mobil ini tidak akan bekerja sama sekali jika syarat-syarat tertentu tidak terpenuhi. Mobil level 4 dikatakan seperti taksi otomatisasi. Pada mobil ini bisa jadi tidak ada setir dan pedal gas/rem.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *