Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Anemon Jepang Dinobatkan Sebagai 10 Spesies Luar Biasa di Dunia

Anemon yang unik dari Jepang ( Foto dok. marinespecies.org)

Ini adalah kedua kalinya organisme asal Jepang terpilih sebagai salah satu dari “Sepuluh spesies laut baru yang luar biasa” versi WoRMS.

halojapin.com. Anemon atau tumbuhan laut yang ada di Akuarium Toba, Prefektur Mie, Jepang masuk dalam 10 spesies luar biasa di dunia. Ini adalah kedua kalinya organisme asal Jepang terpilih sebagai salah satu dari “Sepuluh spesies laut baru yang luar biasa” versi WoRMS.

Sebelumya Register of Marine Species (WoRMS) adalah sebuah lembaga memberikan daftar lengkap nama organisme laut menyebut anemone unik Jepang ini sangat luar biasa dan unik pada tahun 2022.
Spesies anemon laut ini ditemukan di perairan dalam Laut Kumano di lepas pantai wilayah Kumano di Jepang tengah. Dalam bahasa Jepang makhluk itu disebut anemon laut Himekinkara. Bentuknya sangat unik yaitu menempelkan dirinya pada cangkang umang-umang. Dan anemon ini selalu hidup berdampingan umang-umang.


Karena penampilannya menyerupai bangunan “kastil umang-umang”, anemon diberi nama ilmiah Stylobate calcifer, istilah ini mengacu pada setan api “Calcifer” yang muncul dalam novel “Howl’s Moving Castle” sebuah film fantasi animasi Jepang yang ditulis dan disutradari oleh Hayao Miyazaki. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis asal Inggris, Diana Wynne Jones.


Ini adalah kedua kalinya organisme yang dikumpulkan oleh akuarium terpilih sebagai salah satu dari “Sepuluh spesies laut baru yang luar biasa” versi WoRMS, yang pertama adalah octopodis ragworm Spathochaeta pada tahun 2019, juga ditemukan di Laut Kumano.

Menurut pihak akuarium Toba, meskipun anemon memiliki nama Jepang, spesies taksonominya tidak diketahui. “Kami berharap banyak pengunjung fasilitas akan belajar tentang ekologi yang menarik ini ,” ungkap perwakilan dari akuarium Toba yang dilansir dari laman mainichi.jp

Di akuarium Toba, anemon Calcifer Stylobate dipajang di area “laboratorium untuk makhluk aneh”. Seperti diketahui fasilitas makhluk aneh Akuarium Toba menyediakan delapan makhluk yang dikumpulkan dari dasar laut pada kedalaman 190 hingga 340 meter pada tahun 2019 dan 2020.

Skedar informasi Anemon laut adalah hewan dari kelas Anthozoa yang sekilas terlihat seperti tumbuhan, tetapi jika diamati lebih jauh, anemon laut merupakan jenis hewan.

Di akuarium Toba, anemon Calcifer Stylobate dipajang di area “laboratorium untuk makhluk aneh”.

Adapun nentuk tubuh anemon seperti bunga, sehingga juga disebut mawar laut. Lipatan yang bundar di antara badan dan keping mulut membagi binatang ini ke dalam kapitulum di bagian atas dan scapus bagian bawah. Beberapa anemon laut dapat bergerak seperti siput, bergerak secara perlahan dengan cara menempel.Sebagian besar anemon laut memiliki sel penyengat yang berguna untuk melindungi dirinya dari predator

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *