Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Asian Festival Anime Berlangsung di Singapura

Sumber foto Instagram animefestivalasia

halojapin.com. Acara tahunan Asian Anime Festival (AFA) berlangsung di Singapura dari 25 November hingga 27 November 2022 berlangsung meriah. Ribuan pecinta komik atau anime Jepang dan cosplayer berduyun-duyun datang ditempat acara.


Acara ini yang bertempat di Suntec Singapore Convention adan Exhibition Centre ini menandai pertama kalinya sejak dimulainya pandemi COVID-19 lebih dari dua tahun lalu. Asian Anime Festival berlangsung selama tiga hari memperkenalkan budaya rakyat Jepang. Anime, sebuah subkultur yang berasal dari Jepang, terus berkembang di panggung internasional

Acara AFA pada tahun 2019 menarik 120.000 pengunjung. Meskipun jumlah total tiket yang terjual untuk acara tahun ini tidak dapat dikonfirmasi, direktur AFA Shawn Chin mengatakan kepada Reuters bahwa acara AFA menarik jumlah yang sama bahkan mungkin lebih.

“Sekarang saya di Singapura, rasanya seperti bertemu teman lama karena saya tetap dapat bersua dengan orang-orang di sini,” kata cosplayer Taiwan Hiko di salah satu ruang pameran. Singapura telah melonggarkan pembatasan COVID-19 tahun ini dan terus menjadi tuan rumah beberapa acara internasional dalam beberapa bulan terakhir.

Anime Festival Asia (AFA) adalah serangkaian konvensi anime tahunan yang diselenggarakan oleh Sozo dan Dentsu di kawasan Asia Tenggara, dengan festival induk yang diadakan di Singapura. Festival ini biasanya diadakan pada akhir pekan di pertengahan November.

Festival pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Dari tahun 2008 hingga 2011 diadalan secara rutin diadakan setiap tahunnya di lokasi yang sama. Pada tahun 2012, acara tersebut dipindah ke Singapore Expo MAX Pavilion. Pada tahun yang mulai merambah dan diselenggarakan Putra World Trade Centre, Kuala Lumpur, Malaysia dan di Jakarta International Expo, Jakarta, Indonesia.

Pada tahun 2013, festival kembali ke Suntec Singapore International Convention and Exhibition Centre, sedangkan untuk festival secara online di Indonesia dipindahkan ke Jakarta Convention Center.

Anime Festival Asia merupakan salah satu event anime di luar Jepang yang terbesar, dengan jumlah pengunjung yang mencapai 82.000 pada tahun 2011, dan diperkirakan mencapai 85.000 pada tahun 2012.

***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *