Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Asosiasi Pengusaha Jepang Kunjungi IKN Nusantara

Kunjungan penguasaha Jepang ke Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) ( Foto dok. ANTARA/ OIKN)

Pengusaha Jepang memuji perkembangan pembangunan ibukota Nusantara.

halojapin.com. Asosiasi pengusaha Jepang berkunjung ke Otorita Ibukota Nusantara (OIKN). Kunjungan mereka adalah untuk melihat realisasi pembangunan calon ibukota baru Indonesia ini. Diharapkan kunjungan tersebut dapat menarik investasi dari Jepang.


Dalam kesempatan tersebut Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono menyebut kunjungan pengusaha Jepang tersebut sebagai sinyal yang menggembirakan. Hal ini menurut Agung sebagai kunjungan balasan dari market sounding yang dilakukan pemerintah ke Jepang akhir Februari lalu. “Ini suatu sinyal yang menggembirakan,” kata Agung dalam keterangannya di Jakarta.

“Jadi ada kepercayaan karena membangun kepercayaan investor itu paling penting,” tambahnya. Agung menambahkan bahwa seperti yang sering disampaikan oleh Kepala OIKN Bambang Susantono bahwa dengan melihat langsung progres pembangunan di lapangan, para delegasi investor dari Jepang dapat diyakinkan bahwa pembangunan ibukota baru ini terus berjalan.

Agung juga mengatakan Penasihat Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi memunji apa yang telah dilakukan OIKN. Bahkan penasehat PM jepang menuliskan di lembar testimoni dengan kata great job. Menurutnya ini adalah sebuah testimoni yang sangat penting untuk membangun kepercayaan pasar. Untuk itu Agung sangat optimis bahwa kunjungan Jepang kali ini akan ditindaklanjuti secara riil.

“Jadi ada kepercayaan karena membangun kepercayaan investor itu paling penting,”

Dalam kunjungannya tersebut delegasi pengusaha Jepang yang bergabung Japan International Association for the Industry of Building and Housing (JIBH). Asisiasi tersebut merupakan sebuah perkumpulan pengusaha Jepang yang bergerak di sektor industri bangunan dan perumahan.

Pada kesempatan tersebut delegasi Jepang melihat langsung bagaimana pembangunan IKN terus berjalan. Otorita IKN juga diajak untuk melihat dengan seksama progres pembangunan Bendungan Sepaku Semoi, Titik Nol Nusantara, Istana Presiden, dan Hunian Pekerja Konstruksi.

Sementara itu Penasihat Perdana Menteri Jepang Hiroto Izumi menyampaikan harapannya pembangunan IKN akan menjadi pembangunan mega project bagi investasi Jepang setelah proyek MRT dan Pelabuhan Patimban.


Hadir dalam acara tersebut Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti. Selain itu ada juga Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono, Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan OIKN Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN Silvia Halim, serta Deputi Bidang Sosial, Budaya, dan Pemberdayaan Masyarakat OIKN Alimuddin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *