Berita Jepang dan Indonesia Terkini
Berita  

Data Menujukkan Harapan Hidup Orang Jepang Alami Penurunan

Illustrasi dok. pxhere.com.

HALO JAPIN. Harapan hidup orang Jepang mengalami penurunan. Kini harapan hidup orang Jepang rata-rata untuk perempuan adalah 87,57 tahun dan untuk pria adalah 81,47 tahun. Angka ini merupakan angka penurunan yang pertama kalinya sejak sepuluh tahun belakangan.


Data menyebutkan bahwa penurunan harapan hidup perempuan Jepang turun sebesar turun 0,14 tahun dari tahun sebelumnya. Sedangkan untuk pria turun menyusut 0,09 tahun dari tahun sebelumnya. Data ini merupakan penurunan pertama sejak 2011. Dimana penurunan diakibatkan gempa bumi besar dan tsunami melanda timur laut Jepang yang menyebabkan kehancuran di kompleks nuklir Fukushima Daiichi dimana lebih dari 15.000 orang tewas dan puluhan orang belum ditemukan.

Dikutip dari kyodonews.com penurunan ini mengaitkan penurunan rata-rata rentang hidup dengan pandemi. Para pejabat Jepang menyatakan bahwa COVID-19 berada di belakang penurunan sebagian besar pria. Ada sekitar 16.000 orang meninggal karena virus pada tahun2021.

Dari data disebutkan bahwa ada 88,3 persen wanita Jepang yang lahir tahun lalu diperkirakan akan hidup sampai usia 75 tahun. Sedangkan pria diperkirakan 76,0 persen. Kementerian juga mengatakan 52,0 persen wanita yang lahir pada tahun 2021 kemungkinan akan hidup hingga usia 90 tahun. Adapun pria mencapai 27,5 persen. Di antara bayi yang baru lahir, 43,52 persen wanita dan 48,90 persen pria dapat meninggal di masa depan karena kanker, penyakit jantung atau penyakit pembuluh darah otak, kata kementerian itu.

Dalam skenario di mana tidak ada yang meninggal karena kanker atau penyakit lainnya, rata-rata rentang hidup dapat diperpanjang 5,28 tahun untuk wanita dan 6,49 tahun untuk pria. Wanita Jepang memiliki harapan hidup rata-rata terpanjang pada tahun 2020. Sedangkan pria memiliki harapan hidup rata-rata terpanjang kedua.

Meskipun jatuh, Jepang tetap No 1 dalam hal harapan hidup untuk wanita. Setelah itu diikuti oleh Korea Selatan pada 86,5 tahun dan Singapura 85,9 tahun. Jepang berada di tempat ketiga untuk pria dalam peringkat yang dipimpin oleh Swiss, yang prianya memiliki rentang hidup rata-rata 81,6 tahun dan Norwegia dengan 81,59 tahun.

Sekedar informasi yang dimaksud harapan hidup adalah jumlah rata-rata usia yang diperkirakan pada seseorang atas dasar angka kematian pada masa tersebut yang cenderung tidak berubah di masa mendatang. (sumber kyodonews.com) ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *